Aneka Resep Jus Buah





Sejak kecil kita selalu diajarkan tentang “Empat Sehat, Lima Sempurna”, di mana buah adalah salah satu elemen penting dan harus dikonsumsi setiap hari. Namun banyak orang kurang suka dengan buah, apalagi jika dimakan begitu saja. Lain halnya jika buah-buahan tersebut disajikan dalam bentuk jus buah segar. Selain rasanya yang lebih enak, jus buah juga lebih bermanfaat bagi kesehatan karena berbentuk cairan yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Bila anda termasuk orang yang jarang makan buah, pada artikel ini anda bisa temukan aneka resep jus buah, sehingga anda tidak jenuh dan bisa mengkonsumsi buah setiap hari.

Sebenarnya untuk resep jus buah itu sendiri tidak ada resep baku, karena selera orang bermacam-macam. Ada yang suka dicampur pakai susu, mengganti gula dengan madu, memakai gula pasir atau sirup gula, juga ada yang suka jus buah yang kental atau malah yang agak encer. Aneka resep jus buah di bawah adalah yang cocok untuk selera saya, di mana anda bisa memodifikasi sendiri bila ada bahan-bahan yang kurang disukai.

 

Beberapa Resep Jus Buah yang Banyak Disuka:

Semua resep jus buah di bawah ini takaran untuk 1 gelas (ukuran 250 – 300 ml). Disarankan untuk langsung meminum jus buah setelah selesai membuat, karena sebagian buah akan mengendap bila didiamkan beberapa saat, walaupun sudah disimpan di kulkas.

Resep Jus Buah

 

Resep Jus Buah Apel

Bahan:

1 buah apel merah (apel impor), potong kecil-kecil, boleh dikupas/tidak sesuai selera (umumnya orang takut kulit apel mengandung pestisida, namun di sisi lain justru bagian kulit ini mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan)
1/4 buah jeruk nipis, diperas
10 butir es batu
4 sdt gula pasir
1 sdm sirup apel
1 sdt susu kental manis
100 ml air

Cara membuat:

Masukkan es batu ke blender, proses sampai pecah. Masukkan semua bahan ke blender, proses sampai halus. Sajikan.

 

Resp Jus Buah Tomat-Wortel

Bahan:

1 tomat buah, potong kecil-kecil
1 buah wortel impor, ukuran sedang, kupas dan potong kecil-kecil
10 butir es batu
4 sdt gula pasir
1 sdm sirup vanilla
1 sdt susu kental manis
200 ml air

Cara membuat:

Masukkan wortel ke blender, tambahkan 200 ml air dan proses sampai halus, saring. Masukkan es batu ke blender, proses sampai pecah. Masukkan hasil saringan wortel dan semua bahan lainnya, proses sampai halus. Sajikan.

 

Resep Jus Buah Alpukat

Bahan:

1 buah alpukat matang (jika dipegang terasa empuk yg merata, warna daging hijau), ukuran sedang
10 butir es batu
5 sdt gula pasir
1 sdm sirup moka
1 sdt susu kental manis
susu kental coklat
100 ml air

Cara membuat:

Potong buah alpukat di tengah, ambil dagingnya dengan sendok (jangan mengeruk terlalu dalam karena bagian yang menempel pada kulit rasanya pahit). Masukkan es batu ke blender, proses sampai pecah. Masukkan semua bahan selain susu coklat, proses sampai halus. Siram dinding gelas dengan susu coklat secukupnya, masukkan hasil blender, sajikan.

 

Resep Jus Buah Naga

Bahan:

1/2 buah naga putih/merah, ukuran sedang
10 butir es batu
5 sdt gula pasir
1 sdt susu kental manis
100 ml air
sebagian orang tidak terlalu menyukai rasa buah naga tapi menginginkan manfaatnya, oleh karena itu jus buah naga bisa juga di-mix dengan buah lain, umumnya dengan strawberry (3 butir, buang daunnya) atau melon (1 iris panjang, kupas dan buang bijinya).

Cara membuat:

Potong buah naga di tengah, sendok dagingnya. Masukkan es batu ke blender, proses sampai pecah. Masukkan semua bahan, proses sampai halus. Sajikan.

 

Resep Jus Buah Nanas-Melon

Bahan:

1 buah nanas, ukuran kecil/sedang, kupas dan potong kecil-kecil
Melon secukupnya, korek bulat dengan sendok koktail
10 butir es batu
4 sdt gula pasir
1 sdm sirup nanas
1 sdt susu kental manis
100 ml air

Cara membuat:

Masukkan es batu ke blender, proses sampai pecah. Masukkan semua bahan kecuali melon, proses sampai halus. Tuang di gelas dan masukkan potongan-potongan melon. Sajikan.

 

Resep Jus Buah Jambu Merah

Bahan:

1 buah jambu merah/jambu biji, kupas dan potong kecil-kecil
10 butir es batu
5 sdt gula pasir
1 sdm sirup jambu
1 sdt susu kental manis
150 ml air

Cara membuat:

Masukkan es batu ke blender, proses sampai pecah. Masukkan semua bahan, proses sampai halus. Saring bijinya. Sajikan.

 

Catatan: Aneka resep jus buah di atas lebih mementingkan rasa. Jika anda takut kadar gula meningkat, disarankan untuk mengganti gula dengan madu asli dan tidak usah memakai susu dan sirup. Untuk memperkuat rasa, kedua bahan tersebut bisa diganti air perasan jeruk nipis/jeruk lemon/jeruk manis (pilih yang sesuai selera).

Artikel Menarik Lainnya: