Para Artis Pemeran Lois Lane dalam Film-film Superman





Film Man of Steel yang baru dirilis pada bulan Juni lalu mendapat sukses luar biasa, baik dari segi kualitas maupun secara komersial. Dengan budget 225 juta dollar, ketika artikel ini ditulis film ini sudah menghasilkan lebih dari 600 juta dollar dari pemutaran di seluruh dunia. Keberhasilan Man of Steel ini tidak lepas dari pemilihan cast yang diniliai lebih tepat dari film terdahulu, Superman Returns (2006), dengan memasang Henry Cavill sebagai Clark Kent, dan Amy Adams sebagai artis pemeran Lois Lane.

Amy Adams dinilai sangat tepat untuk memainkan karakter Lois Lane yang merupakan seorang wartawati cerdas, tangguh, lucu, hangat, ambisius, dan tentunya cantik. Kritik pada Adams sedikit ditujukan karena ia mempertahankan warna rambut strawberry blonde-nya, sedangkan warna rambut Lois Lane di komik adalah hitam, dan terkadang brunette (coklat). Sedangkan para artis terdahulu cenderung mewarnai rambutnya seperti Lois Lane di komik, contohnya Kate Bosworth yang warna asli rambutnya juga pirang.

Superman-Lois-Lane-Hair

Sampul komik Superman edisi Nov-Des 1949, tentang warna rambut Lois Lane yang disukai sang Man of Steel.

 

Amy Adams sendiri adalah salah satu nama dari deretan artis cantik yang pernah berakting sebagai Lois Lane, baik itu dalam film layar lebar maupun serial televisi. Nama-nama tenar lain yang pernah menjadi artis pemeran Lois Lane adalah Margot Kidder, Teri Hatcher, Erica Durance, dan Kate Bosworth. Selain itu masih ada pula nama Phyliss Coates dan Noel Neill yang bermain sebagai Lois Lane di Adventures of Superman (1952-1958), sebuah serial TV yang season-season awalnya masih berformat hitam-putih.

 

Artis Pemeran Lois Lane dalam Film / Serial TV Superman:

1. Margot Kidder

Lahir: 17 Oktober 1948
Tampil: Film Superman (1978), Superman II (1980), Superman III (1983), Superman IV: The Quest for Peace (1987)

Margot-Kidder-Lois-Lane 1
Margot-Kidder-Lois-Lane 2

Nama Margot Kidder mulai dikenal luas ketika ia membintangi film The Great Waldo Pepper (1975), di mana ia bermain bersama Robert Redford. Di tahun yang sama ia juga semakin populer berkat keberaniannya tampil telanjang bulat di majalah Playboy. Setelah itu ia mendapat peran terbesar sepanjang karirnya dengan bermain di Superman dan tiga sekuel berikutnya. Margot Kidder sempat menentang keputusan produser untuk mengganti sutradara Richard Donner pada Superman II, sebuah hal yang menyebabkan ia “dihukum” dengan total adegannya ditampilkan tidak lebih dari lima menit pada Superman III.

Pada 2004, Margot Kidder sempat tampil di dua episode serial Smallville, dengan peran kecil sebagai Dr. Bridgette Crosby, asisten dari Dr. Swann (diperankan oleh rekannya di Superman, Christoper Reeve). Kidder juga masih aktif di dunia akting hingga saat ini, walaupun dia tidak pernah lagi mendapat peran sebesar di Superman.

 

2. Teri Hatcher

Lahir: 8 Desember 1964
Tampil: Serial TV Lois & Clark: The New Adventures of Superman Season 1-4 (1993-1997)

Teri-Hatcher-Lois-Lane 1Teri-Hatcher-Lois-Lane 2Teri-Hatcher-Lois-Lane 3

Foto Teri Hatcher dibalut jubah merah Superman di atas adalah foto yang paling banyak di-download dari internet selama 6 bulan pada tahun 1995, ketika serial Lois & Clark sedang pada puncak popularitasnya. Banyak yang menganggap Teri Hatcher adalah artis pemeran Lois Lane paling seksi hingga saat ini.

Teri Hatcher sendiri memang lebih dikenal lewat penampilannya di televisi ketimbang layar lebar. Selain di Lois & Clark, dia juga ambil bagian di MacGyver (sebagai Penny Parker) dan Desperate Housewives (sebagai Susan Delfino), peran yang memberinya penghargaan tertinggi dunia pertelevisian AS, Emmy Award, pada tahun 2005. Sedangkan untuk film, perannya yang paling besar adalah sebagai Paris Carver di film 007 Tomorrow Never Dies (1997).

 

3. Erica Durance

Lahir: 21 Juni 1978
Tampil: Serial TV Smallville Season 4-10 (2004-2011)

Erica-Durance-Smallville 1Erica-Durance-Smallville 2Erica-Durance-Smallville 3

lois-lane-erica-durance-3955249-1450-967

Jika saja tidak terpilih melalui casting untuk serial Smallville, Erica Durance mungkin tidak akan sepopuler saat ini. Artis kelahiran Kanada ini memang tidak terlalu dikenal sebelumnya, dan hanya menjadi cameo di sejumlah film dan serial televisi. Ia juga pernah tampil tanpa busana, tepatnya di film arahan sutradara eksentrik Uwe Boll, House of the Dead (2003).

Ketika tampil selama 7 tahun di Smallville, Erica Durance terlalu sibuk untuk mengerjakan proyek-proyek lainnya. Setelah Smallville berakhir, ia tampil di serial televisi Kanada yang juga tayang di Amerika, Saving Hope, dan memegang peran utama sebagai Dr. Alex Reid.

 

4. Kate Bosworth

Lahir: 2 Januari 1983
Tampil: Film Superman Returns (2006)

Kate-Bosworth-Pemeran-Lois-Lane 1

Kate-Bosworth-Pemeran-Lois-Lane 2

Walaupun kurang disukai karena dianggap tidak berani melepaskan diri dari bayang-bayang Superman-nya Christoper Reeve, Superman Returns sebenarnya adalah film yang sukses secara kritik dan komersial, dengan penghasilan box office di atas 390 juta dollar. Sayangnya, penampilan Kate Bosworth justru tidak diterima dengan baik oleh para fans dan kritikus. Ia yang pada waktu itu baru berusia 22 tahun dianggap terlalu muda untuk menjadi pemeran Lois Lane.

Sama seperti tiga artis sebelumnya, Kate Bosworth juga relatif belum dikenal sebelum menjadi Lois Lane, walaupun penampilannya di film Blue Crush (2002) sempat mendapat pujian. Beberapa filmnya yang cukup terkenal setelah itu adalah 21 (2008), The Warrior’s Way (2010), dan Straw Dogs (2011).

 

5. Amy Adams

Lahir: 20 Agustus 1974
Tampil: Film Man of Steel (2013)

Amy-Admas-Man-of-Steel 1

artis-pemeran-lois-lane

Berbeda dari empat artis pemeran Lois Lane di atas, Amy Adams sudah meraih popularitas dan dikenal luas di dunia perfilman sebelum ambil bagian di Man of Steel. Tidak hanya berwajah cantik, kemampuan aktingnya pun sangat prima. Amy Adams sudah mendapat empat nominasi Academy Awards, semua untuk kategori Best Supporting Actress, masing-masing melalui film Junebug (2005), Doubt (2008), The Fighter (2010), dan The Master (2012).

Sedangkan film-film Amy Adams yang lebih komersial dan meraih sukses di box office antara lain, Serving Sara (2002), Catch Me if You Can (2002), The Wedding Date (2005), Enchanted (2007), Night at the Museum 2 (2009), dan The Muppets (2011).

Karena penampilan apiknya, Amy Adams juga masih dipercaya untuk tampil pada sekuel Man of Steel, yang rencananya akan mempertemukan Superman dengan Batman untuk pertama kalinya di layar lebar, dan dijadwalkan untuk tayang pada tahun 2015.

 

Artikel Menarik Lainnya: