Berapa Kali Sebaiknya Kita Mengunyah Makanan?





Di jaman modern dengan kehidupan yang super sibuk ini, setiap orang cenderung melakukan segala hal dengan terburu-buru, agar dapat cepat kembali bekerja dan mencari uang lagi. Hal ini juga berlaku untuk aktivitas sehari-hari seperti makan, sehingga sering orang makan dengan tergesa-gesa, tanpa mengunyah makanan dengan baik. Kebiasaan makan kilat ini sayangnya juga dibentuk di sekolah, di mana hanya tersedia waktu 20 menit istirahat untuk makan siang.

Sebenarnya seberapa pentingkah untuk mengunyah makanan dengan benar, dan berapa kali kita harus mengunyah makanan sebelum menelan?

 

Fungsi Mengunyah Makanan

Tujuan utama dari mengunyah adalah untuk memecah makanan menjadi halus, sehingga bisa lebih mudah untuk masuk ke saluran pencernaan. Selain itu, ludah mempunyai sebuah enzim yang mengawali semua proses pencernaan. Semakin halus makanan dikunyah, semakin banyak bagian dari makanan tersebut yang terlapisi oleh enzim dari ludah, sehingga proses pencernaan dimulai dengan baik, dan sangat memperingan kerja dari organ pencernaan yang lain. Dalam kondisi ini, tubuh akan menyerap nutrisi dan mineral dari makanan dengan lebih baik.

Jika kita memaksa menelan makanan dalam potongan besar yang belum terkunyah dengan baik, maka akan banyak nutrisi penting dari makanan yang akan terbuang dengan percuma. Selain itu, potongan besar juga mengandung lebih banyak udara, yang dapat mengakibatkan kelebihan gas di dalam perut.

 

mengunyah makanan

 

Mengunyah Makanan dengan Benar Berguna untuk Menjaga Berat Badan

Ada satu keuntungan lain dari mengunyah makanan lebih lama, yaitu untuk menjaga berat badan. Hal ini bukan karena dengan mengunyah lebih lama berarti waktu makan kita akan lebih lama, sehingga yang dimakan pun akan semakin sedikit. Melainkan karena kegiatan mengunyah dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Sebenarnya, begitu perut kita sudah penuh, masih dibutuhkan waktu sekitar 20 menit sebelum otak kita menerima sinyal bahwa perut sudah kenyang. Artinya kalau kita terlalu cepat mengunyah dan makan di bawah 20 menit, ada kemungkinan bahwa kita sudah menelan makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Selain itu, berdasarkan artikel yang dirilis Dailymail, ada sebuah hasil penelitian dari Harbin Medical University di Cina yang menyatakan bahwa mengunyah lebih banyak akan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan. Dari para sukarelawan yang mengikuti penelitian ini, mereka yang mengunyah 40 kali untuk semulut penuh makanan akan mengkonsumsi kalori 12 persen lebih sedikit daripada orang yang mengunyah makanan sebanyak 15 kali.

 

Jadi, berapa kali-kah kita harus mengunyah makanan sebelum menelan? Kalau dulu di TK mungkin guru-guru sering mengingatkan kita untuk mengunyah sedikitnya 32 kali, hal itu ada benarnya juga. Walaupun tidak ada patokan pasti, dokter dan ilmuwan menganjurkan untuk mengunyah antara 25-50 kali untuk semulut penuh makanan, tergantung dari tekstur makanan dan jumlah kelenjar ludah seseorang. Hal ini akan memastikan bahwa anda tidak makan terlalu berlebihan, dan makanan yang anda telan bisa tercerna dengan baik.

Karena itu jangan mengejek kalau ada kenalan anda yang makannya lelet. Justru mereka itu contoh orang yang menghargai kesehatan diri mereka sendiri…

Artikel Menarik Lainnya: