(Blogger Update!!) Cara Expand Widget Templates yang Baru





Beberapa waktu yang lalu Blogger melakukan update pada cara edit HTML template. Pada sistem baru ini, kolom “Expand Widget Templates” dihilangkan sehingga proses editing pada kode HTML dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Semua tutorial Blogger di blog Info Cool sebelum artikel ini ditulis masih berdasarkan cara yang lama. Karena tidak mungkin mengedit semua artikel lama tersebut satu-persatu, ada baiknya anda yang mau melakukan editing pada template blog membaca terlebih dahulu tentang cara expand widget templates yang baru.

Apa itu Expand Widget Templates?

Ketika kita membuka bagian Edit HTML pada template editor, tidak semua kode HTML ditampilkan di situ. Kode yang ditampilkan hanya kode dasar dari template blog, sedangkan kode-kode yang advanced (contohnya kode widget) disembunyikan untuk menyederhanakan view, karena jika ditampilkan semua jumlahnya bisa mencapai ribuan baris.

Jika kita merasa perlu melakukan editing pada kode HTML widget, baru kita centang kotak expand widget templates, dan semua kode template akan ditampilkan secara lengkap.

expand-widget-templates-old

Cara Expand Widget Templates yang lama

 

Expand Widget Templates yang Baru

Pada sistem Blogger yang baru, kolom expand widget templates sudah dihilangkan. Hal ini karena semua kode HTML template sudah ditampilkan secara lengkap, hanya saja sedikit “dibungkus” sehingga tidak terlihat. Kalau kita ingin melihat kode tersebut, kita tinggal menekan tanda ▶ yang terdapat di sebelah kiri kode HTML.

expand-widget-templates

Mungkin pada awalnya anda akan bertanya-tanya: “Lho tanda ▶ kan banyak sekali, kalau kita mau mencari satu bagian saja dari template masa tanda panah harus dibuka satu per satu?” Tentu saja tidak. Di atas sudah dijelaskan bahwa sebenarnya semua kode HTML sudah ditampilkan, hanya saja masih “dibungkus”. Sehingga, kalau kita menekan tombol Ctrl + F untuk mencari kode tertentu, kode tersebut akan tetap dapat ditemukan walaupun tanda ▶ belum dibuka.

Sebagai contoh, pada tutorial memasang Adsense pada Blogger, ada perintah untuk mencari kode <data:post.body/> maka kita tinggal menekan tombol Ctrl + F dan memasukkan kode tersebut lalu menekan Enter, maka kita akan langsung dibawa ke baris tempat di mana kode tersebut berada.

Catatan: Anda harus menekan tombol Ctrl + F ketika kursor berada di area edit HTML, bukan di luarnya.

Search-widget-Blogger

Hal yang sama juga berlaku ketika kita menekan tombol Ctrl + A (select all) dan meng-copy semua kode HTML, maka kode-kode yang terbungkus juga akan ikut ter-copy, tanpa kita perlu membuka semua tanda ▶ terlebih dahulu.

Ada juga cara lain untuk menemukan kode widget yang kita inginkan. Jika kita sudah mengetahui nama widget apa yang ingin kita edit, misal widget label/categories, maka kita tinggal memilih nama widget yang bersangkutan di tombol Jump to widget, dan kita akan langsung dibawa ke baris tempat widget tersebut berada.

jump-to-widget

Artikel Menarik Lainnya:

Tags: