Tutorial Cara Install Windows di Mac Menggunakan Boot Camp





Meskipun terkenal dengan ke-eksklusifannya, Apple tidak menutup mata bahwa banyak aplikasi penting yang hanya dibuat untuk versi Windows tanpa ada versi untuk Mac OS. Oleh karena itu sejak dulu Apple selalu membuat komputernya agar pengguna bisa install Windows di Mac, sehingga mesin Mac mereka bisa menjalankan dua sistem operasi sekaligus.

Dulu pengguna menggunakan semacam emulator (virtual machine), sehingga Mac OS dan Windows bisa dijalankan secara bersamaan. Walaupun memiliki kelebihan dengan tidak perlu restart tiap kali ingin berganti sistem operasi, cara ini lebih merugikan karena memakan banyak sumber daya sehingga komputer menjadi lambat.

Setelah munculnya mesin Mac berbasis Intel dengan sistem operasi Mac OS X, Apple juga merilis aplikasi Boot Camp. Program ini memungkinkan pengguna menjalankan dua sistem operasi secara bergantian, sehingga mesin Mac dapat bekerja dengan kecepatan optimal di OS manapun yang sedang dijalankan.

 

Yang dibutuhkan untuk Install Windows di Mac:

– Mac dengan basis INTEL (harus!) dan OS X 10.6 ke atas.
– Optical drive (built-in/external)
– Mac OS X installation disc
– Windows (XP/Vista/7/8) installation disc
– DVD kosong (optional)

Cek di sini untuk melihat versi Windows mana saja yang support untuk tipe Mac dan Boot Camp anda.

 

Sebelum melakukan install Windows di Mac kesayangan anda, ada baiknya melakukan langkah-langkah berikut terlebih dahulu:

  1. Update terlebih dahulu Mac OS anda. Pada kondisi terhubung internet, klik icon Apple di pojok kiri atas layar dan pilih menu Software Update. Sebenarnya hal ini tidak wajib, dan sebagian besar user berhasil melakukan installasi Windows pada Mac tanpa perlu melakukan update OS terlebih dahulu. Namun jika anda memiliki koneksi internet yang handal, tidak ada salahnya berjaga-jaga.
  2. Backup semua data penting. Walaupun sangat jarang, timbulnya corrupt pada proses partisi hard disk Mac bisa saja terjadi, yang dapat menyebabkan hilangnya data-data anda.

 

Cara Install Windows di Mac dengan Boot Camp:

  1. Klik menu Applications di bagian kanan bawah layar, kemudian pilih Utilities > Boot Camp Assistant.
    Boot-Camp-Mac
  2. Akan muncul jendela Introduction. Jika ini pertama kalinya anda melakukan proses install Windows di Mac, sebaiknya pilih Print Installation & Setup Guide terlebih dahulu, yang akan memberikan step-by-step tutorial cara install Windows di Mac, termasuk cara setup Windows-nya nanti. Klik Continue.
    Catatan:  Sampai di sini sebenarnya anda tidak perlu lagi membaca lanjutan artikel ini, karena guide yang disediakan Mac tadi sudah sangat-sangat lengkap dan detail. Namun bagi yang tidak punya printer atau malas membaca tutorial bahasa Inggris, silahkan lanjutkan membaca 🙂
  3. Pilih Create or remove a Windows partition. Jika muncul notifikasi untuk Download the Windows support software for this Mac sebaiknya anda lakukan, ini akan men-download driver Windows terbaru untuk Mac anda. Download semua file dan burn pada DVD kosong.
    Jika notifikasi tidak muncul, kemungkinan driver Windows sudah termasuk di dalam Mac installation disc yang anda dapat ketika membeli Mac anda.
    Boot-Camp-InstallKlik Continue.
  4. Pilih ukuran partisi Windows sesuai kebutuhan anda. Installasi Windows XP dan Vista membutuhkan setidaknya 10 Gb, sedangkan Win 7 32-bit memerlukan 16 Gb, dan Win 7 64-bit memerlukan 20 Gb. Klik dan drag indikator partisi untuk memilih ukuran yang anda inginkan.
    Boot-Camp-Partition
    Kemudian klik Partition.
    Catatan: Jika anda hendak meng-install Windows XP dan menginginkan sistem FAT (bukan NTFS), maka partisi Windows jangan lebih besar dari 32 GB. Anda bisa klik saja pilihan Use 32 GB.
  5. Setelah proses partisi selesai, masukkan DVD Windows pada optical drive dan klik Start Installation. Mac anda akan otomatis restart dan booting melalui DVD Windows.
    cara-install-Windows-di-Mac
  6. Lakukan installasi Windows seperti biasa.
    Pada Windows 7, ketika ada pilihan untuk Upgrade atau Custom, pilihlah Custom (install a new copy of Windows). Pada layar Where do you want to install Windows? pilihlah partisi yang terdapat label BOOTCAMP. Kemudian pilih Drive option (advanced) dan Format. Klik Next.

    Windows-7-Mac

    Memilih partisi pada Windows 7

    Pada Windows XP pun caranya hampir sama. Pilihlah partisi yang terdapat label BOOTCAMP. Pada pilihan Format, jika partisi Windows XP anda lebih kecil dari 32 GB, maka akan ada pilihan format dengan sistem FAT atau NTFS. Sebaliknya jika partisi lebih besar dari 32 GB, maka hanya ada pilihan format dengan sistem NTFS. Pilihan sistem ini sepenuhnya terserah anda.
    Sistem NTFS memberikan stabilitas dan tingkat keamanan lebih baik, namun anda tidak akan bisa meng-save file dari Mac OS ke partisi Windows. Sedangkan sistem FAT memberikan compabillity yang lebih baik, memungkinkan anda membaca dan menulis file dari Mac OS ke partisi Windows.

    Memilih partisi pada Windows XP

    Memilih partisi pada Windows XP

    Pilihan sistem untuk format pada WIndows XP

    Pilihan sistem untuk format pada WIndows XP

    Penting! Salah dalam memilih partisi dapat mengakibatkan partisi Mac anda yang terformat!

  7. Ikuti petunjuk installasi sampai selesai.

 

Install Driver Windows

  1. Eject DVD Windows anda. Jika tombol eject pada keyboard Mac anda belum berfungsi, anda bisa masuk ke Start > Computer, klik pada optical drive dan akan pilih eject dari toolbar di bagian atas layar.
  2. Masukkan DVD driver yang anda download pada langkah 3 di atas. Kalau tidak ada, bisa anda coba dengan memasukkan Mac OS X installation disc anda.
  3. Tunggu sampai autorun bekerja dan klik Setup. Jika tidak ada autorun, masuk ke Start > Computer dan klik 2x pada setup.exe di folder Boot Camp.
  4. Ikuti petunjuk installasi sampai selesai.

 

Cara Memilih Booting ke Mac OS atau ke Windows

Setelah Windows terinstall di Mac, maka kini anda memiliki 2 sistem operasi sekaligus, yakni Mac OS dan Microsoft Windows. Untuk masuk ke OS yang anda inginkan, pada saat pertama kali menyalakan Mac anda, segera tekan dan tahan tombol Option (alt) setelah terdengar dering (chime). Akan muncul dua icon, silahkan klik 2x icon OS yang ingin anda gunakan.

Boot-Camp-Booting-Option

Untuk pengaturan sistem operasi mana yang ingin anda jadikan default OS, masuk dulu ke OS Windows anda, kemudian masuk ke Control Panel dan klik Bootcamp. Pilih OS yang anda inginkan dan klik Apply.

Bootcamp-Windows

 

Pengaturan juga bisa dilakukan melalui Mac OS. Klik icon Apple di pojok kiri atas layar, pilih System Preferences > Startup Disk, kemudian pilih sistem operasi yang ingin anda jadikan default OS.

Mac-Boot-Camp-Option

Artikel Menarik Lainnya: