Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan BMI





Termasuk gemuk atau kuruskah anda? Cermin memang tidak akan berbohong, dan jika anda berkaca anda pasti bisa menilai apakah berat badan anda termasuk ideal atau tidak. Namun, itu hanya penilaian dari segi estetika. Sekarang, bagaimana cara menghitung berat badan ideal seseorang dari segi medis?

Salah satu cara untuk menentukan apakah seseorang menderita obesitas atau malah terlalu kurus, adalah dengan pengukuran BMI (Body Mass Index / Indeks Masa Tubuh).

BMI merupakan suatu pengukuran yang menghubungkan (membandingkan) berat badan dengan tinggi badan. Walaupun dinamakan “indeks”, BMI sebenarnya adalah rasio yang dinyatakan sebagai berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter). Seseorang dikatakan mengalami obesitas jika memiliki nilai BMI sebesar 30 atau lebih.

Menurut sistem Satuan Internasional: BMI = Berat (Kg) / Tinggi2 (m2)

cara-menghitung-berat-badan-ideal-BMI

 

Berikut ini adalah tabel BMI berdasar klasifikasi World Health Organization (WHO) untuk menentukan apakah seseorang (dewasa) termasuk kategori underweight, normal, atau obesitas.

 

Menghitung Berat Badan Ideal melalui Tabel BMI:

KLASIFIKASI BMI (kg/m2)
BERAT BADAN KURANG kurang dari 18.50
~ Sangat Kurus kurang dari 16.00
~ Kurus 16.00 – 16.99
~ Agak Kurus 17.00 – 18.49
NORMAL 18.50 – 24.99
KELEBIHAN BERAT BADAN 25.00 dan lebih
~Pra-Obesitas 25.00 – 29.99
OBESITAS 30.00 dan lebih
~ Obesitas Kelas I 30.00 – 34.99
~ Obesitas Kelas II 35.00 – 39.99
~ Obesitas Kelas III 40.00 dan lebih

 

Misal seseorang dengan tinggi badan 1,80 m dan berat badan 70 Kg, maka BMI-nya adalah: 70/(1,82) = 21,61 sehingga berdasarkan tabel di atas termasuk orang dengan kategori berat badan NORMAL.

Klasifikasi BMI pada tabel di atas tidak tergantung pada usia (untuk semua orang dewasa) dan jenis kelamin. Sedangkan kelemahannya adalah, BMI tidak memperhitungkan kadar lemak seseorang. Dengan kata lain, klasifikasi BMI bisa salah menganggap ukuran tulang yang besar dan kelebihan otot sebagai kelebihan lemak. Seseorang dengan tubuh yang sangat berotot, seperti petinju atau atlet binaraga, bisa terklasifikasikan sebagai OBESITAS berdasarkan tabel BMI di atas.

Namun demikian tabel di atas sudah cukup memadai untuk menentukan tingkat obesitas rata-rata orang dewasa. Jika anda memiliki BMI di atas 30, berarti anda sudah termasuk kategori beresiko tinggi dan hendaknya mulai melakukan diet.

Cara menghitung berat badan ideal menggunakan BMI ini juga sering dikombinasikan dengan mengukur lingkar pinggang. Lingkar pinggang lebih dari 35 inch (89 cm) untuk wanita dan lebih dari 40 inch (101,6 cm) untuk pria menunjukkan seseorang memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Untuk mengukur lingkar pinggang secara tepat, kita harus dalam posisi berdiri dan dilakukan setelah menghembuskan nafas. Posisi yang diukur adalah di atas tulang pinggul, kurang lebih sejajar dengan pusar.

Jadi, termasuk gemuk atau kuruskah anda?

 

Artikel Menarik Lainnya: