10 Poin Penting untuk Menulis Artikel SEO Friendly





Ketika algoritma search engine (baca: Google) sering berubah, maka teknik SEO pun harus selalu di-update, sehingga menyulitkan blogger pemula (atau pemalas seperti saya). Untungnya ada satu hal yang tidak akan pernah berubah dan sangat penting artinya dalam proses search engine optimization, yaitu bagaimana kita bisa menulis artikel SEO friendly. Kata para master SEO, jika kita bisa membuat artikel yang ramah bagi mesin pencari dan pembaca sekaligus, tanpa perlu teknik SEO yang canggih pun artikel kita akan bisa masuk ke halaman pertama dari hasil pencarian search engine.

Pada artikel ini akan dibahas 10 hal yang perlu diperhatikan untuk menulis artikel SEO friendly, semoga bisa bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog anda!

artikel seo friendly

 

 

10 Tips tentang Cara Menulis Artikel SEO Friendly:

  1. Pilih Keywords. Gunakan bantuan tools seperti Google Insight atau Google AdWords Keywords Tool untuk memilih kata kunci yang tepat. Dengan kedua tools di atas, kita dapat mengetahui keyword apa yang sedang trend, baik di seluruh dunia maupun negara tertentu. Kita juga bisa mendapat informasi berapa search per bulan untuk keyword tersebut, jumlah kompetitor, dan alternatif keyword yang bisa kita gunakan.
  2. Posisi Keyword. Setelah memilih kata kunci, pastikan kata kunci tersebut terdapat di beberapa tempat berikut pada artikel anda:
    • Pada URL artikel
    • Pada judul artikel, kalau bisa di depan. Usahakan panjang judul antara 40-70 karakter.
    • Pada sub-heading artikel (h2, h3)
    • Pada paragraf pertama artikel
    • Pada meta description artikel. Usahakan panjang deskripsi tidak melebihi 156 karakter.
    • Pada tag “alt” gambar, jika terdapat gambar di dalam artikel

    Kata kunci saya untuk postingan ini adalah “artikel SEO friendly”. Anda bisa lihat keyword ini ada di URL, judul, sub-heading, paragraf pertama, meta description, dan gambar.

  3. Kepadatan Keyword. Sebarkan keyword dengan merata ke seluruh artikel, dan masukkan ke dalam kalimat dengan natural. Kepadatan kata kunci (keyword density) yang dianjurkan untuk artikel SEO friendly (nah, kata kunci saya muncul lagi kan…) adalah sekitar 1%-3%. Jadi kalau artikel anda terdiri dari 1000 kata, maka kata kunci harus muncul sekitar 10-30 kali. Jangan terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai spam!
  4. Artikel Jangan Terlalu Pendek (atau Terlalu Panjang). Sebisa mungkin buat artikel antara 300 – 1000 kata. Artikel yang terlalu pendek akan dianggap tidak penting dan diabaikan oleh mesin pencari. Artikel yang telalu panjang mungkin tidak terlalu berpengaruh bagi SEO, tapi bisa membuat pengunjung malas membaca. Jika memang tidak memungkinkan dibuat pendek, pecah saja menjadi beberapa postingan.
  5. Jangan Menulis untuk Search Engine. Walaupun artikel ini mengajarkan untuk menulis artikel SEO friendly, bukan berarti kita harus mengabaikan isi dari artikel itu sendiri. Buat artikel yang enak dibaca, taruh keyword dengan wajar dan tidak berlebihan, isi artikel dengan tulisan yang informatif. Percuma mendatangkan banyak pengunjung kalau mereka tidak mau kembali lagi karena tulisan yang buruk kan?
  6. Outbond Link. Jangan pelit dalam memberi link ke situs lain. Kalau anda menggunakan sumber luar untuk tulisan anda, berikan kredit ke sumber tersebut. Menggunakan referensi dari situs kredibel seperti Wikipedia atau IMDb akan membuat tulisan anda lebih dipercaya pembaca dan mesin pencari.
  7. Internal Link. Tautkan kata kunci dalam artikel anda ke postingan lama yang berhubungan. Internal linking sangat efektif, dan akan membantu membuat posting-posting lama terindeks kembali oleh search engine.
  8. Cek Ejaan. Jangan sampai artikel anda dinilai rendah oleh pembaca dan mesin pencari hanya gara-gara anda malas mengecek ulang artikel dari salah eja dan salah ketik.
  9. Artikel Original. Walaupun susah, cobalah buat artikel original yang tidak akan bisa ditemukan di situs lain. Kalaupun temanya sudah umum, ataupun anda mengambil sumber dari situs lain, gunakan kata-kata dan sudut pandang anda sendiri untuk menulis ulang artikel tersebut.
  10. Install plugin Yoast WordPress SEO, jika anda menggunakan platform WordPress. Ketika anda menulis artikel, pluign ini akan langsung menganalisa poin-poin SEO di atas dan menunjukkan letak kekurangan, sehingga anda bisa langsung melakukan perbaikan pada artikel saat itu juga.

Artikel Menarik Lainnya:

Tags: ,