Cara Reset Password Windows 7 dan Vista tanpa Software





Demi alasan keamanan dan privacy, tidak sedikit orang yang memutuskan menggunakan password pada sistem operasi Windows mereka, baik itu Windows 7 maupun Vista. Hanya saja, ada kemungkinan beberapa orang bisa lupa akan kata kunci tersebut, terutama bagi mereka yang menggunakan kombinasi karakter yang rumit. Bagi anda yang pernah mengalami kasus seperti ini, anda mungkin pernah browsing di internet tentang bagaimana cara reset password Windows 7 dan Vista.

Banyak tutorial di internet tentang bagaimana cara reset password Windows, namun kebanyakan menganjurkan pemakaian software. Mungkin ini memang solusi yang paling mudah, hanya saja kita harus ekstra hati-hati dalam memilih program reset. Selain karena banyaknya pilihan, tidak semua di antara software tersebut gratis, dan bahkan beberapa di antaranya beresiko menimbulkan crash, sehingga kita harus meng-install ulang Windows dan kehilangan data di hard disk.

Jika anda memiliki Windows installation disc, ada baiknya mencoba cara reset password windows 7 secara manual, tanpa perlu menggunakan software lain, seperti yang akan dijelaskan di tutorial di bawah ini.

 

Tutorial Cara Reset Password Windows 7:

  1. Masukkan CD installasi Windows 7, dan boot komputer/laptop anda. Jangan lupa ganti dulu setting di BIOS agar komputer booting dari CD terlebih dahulu.
  2. Pada jendela Install Windows, pilih Repair your computer di kiri bawah.
  3. Pada jendela System Recovery Options, pilih sistem operasi yang anda gunakan (Windows 7), dan klik Next.
  4. Akan muncul beberapa pilihan recovery tools, pilihlah yang paling bawah, yaitu Command Prompt.
  5. Bagi anda yang dulu pernah mempelajari sistem operasi DOS, pasti sudah familiar dengan jendela command prompt, dan juga perintah-perintah yang akan kita pakai berikut ini.
    Pertama, cari dulu drive tempat anda menginstall Windows 7, biasanya di drive C (kecuali kalau anda memakai lebih dari satu OS, ada kemungkinan Windows 7 terinstall di drive D).
    Pastikan command prompt sudah menunjuk ke C:\
    Kemudian ketikkan perintah berikut:

    cd windows\system32
  6. Sekarang kita akan menyalin dahulu program “Sticky Keys”, yaitu program Windows yang akan otomatis dijalankan jika kita menekan tombol “Shift” sebanyak 5x berturut-turut. Program ini filenya bernama sethc.exe, dan akan kita copy ke tempat lain.
    Ketik perintah berikut di jendela command prompt:

    copy sethc.exe c:\

    Perintah di atas akan menyalin file sethc.exe dari folder windows>system32 ke drive C:\

  7. Kemudian kita akan menumpuk file sethc.exe dengan cmd.exe, sehingga ketika tombol “Shift” ditekan 5x berurut-turut, yang dijalankan adalah command prompt!
    Ketik perintah berikut di jendela command prompt:

    copy cmd.exe sethc.exe

    Akan ada pertanyaan untuk overwrite file, ketik Y.

  8. Sekarang tutup jendela command prompt, atau ketikkan perintah exit. Kemudian restart komputer anda, jangan lupa keluarkan dulu CD installasi windows. Tunggu sampai masuk ke layar login.
  9. Di layar login, ketika anda diminta password, tekan tombol “Shift” 5x berturut-turut (agak cepat). Tindakan ini akan mengakibatkan munculnya jendela command prompt. Sekarang anda tinggal mengetikkan perintah berikut untuk me-reset password Windows 7:
    net user Rob passwordbaru

    di mana Rob adalah nama user, yaitu nama yang tertulis di atas kolom password, sedangkan passwordbaru adalah kata kunci yang baru untuk menggantikan yang lama.
    cara reset password windows 7

  10. Tutup command prompt, dan login ke Windows meggunakan password baru anda. Setelah berhasil, jangan lupa kembalikan fungsi file sethc.exe. Tidak perlu repot menggunakan command prompt lagi, cukup buka Windows Explorer, cari di mana file tersebut tadi anda copy (pada langkah 6 di atas, yaitu di C:\), kemudian copy dan tumpuk file tersebut di folder C:\Windows>System32.
    Selesai.

 

Artikel Menarik Lainnya: