Cara Memasang Iklan Google Adsense di dalam Posting WordPress





Pada postingan sebelumnya, saya sudah menjelaskan keuntungan dari meletakkan iklan Google Adsense, atau contextual advertising lainnya, di dalam postingan. Jika pada tutorial tersebut saya hanya menuliskan tentang cara memasang Adsense di dalam posting Blogger, maka kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk memasang iklan Adsense di posting WordPress.

Tidak seperti pada platform Blogger, pada WordPress kita dapat memasang iklan PPC secara bebas di posisi manapun juga pada posting. Misal jika kita menginginkan iklan muncul di tengah-tengah artikel, kita tinggal meng-copy dan paste script iklan di bagian HTML dari posting, di posisi manapun yang kita inginkan. Tentu saja ini adalah cara manual yang akan merepotkan jika hendak diterapkan pada semua posting di dalam blog kita.

Jika anda ingin memasang iklan Adsense yang secara otomatis muncul di semua posting, maka anda dapat membaca tutorial di bawah. Kekurangannya, posisi iklan tidak bisa terlalu fleksibel, hanya bisa memilih di beberapa tempat, di antaranya di bawah judul artikel dan di bagian paling bawah artikel.

 

Cara Memasang Adsense di Posting WordPress:

  1. Login ke account WordPress anda dan masuk ke menu Appearance>Editor.
  2. Pada menu sidebar sebelah kanan pilihlah file single.php atau single post.php.
  3. Tekan Ctrl+F dan cari kode berikut: <?php the_content
  4. Jika ingin iklan muncul di bawah judul posting, copy script Adsense dan paste tepat di atas kode tersebut. Jika ingin iklan muncul di bagian paling bawah posting, copy script Adsense dan paste tepat di bawah kode tersebut.
  5. Tambahkan kode:
    <div style="float:left; padding:8px 16px 8px 0px;">
    Script Adsense
    </div>

    jika ingin iklan muncul di sebelah kiri paragraf, di mana left dapat juga diganti dengan center atau right. Sedangkan padding adalah jarak iklan dari atas, kanan, bawah, dan kiri. Nilainya bisa anda rubah sesuai keinginan.

  6. Tambahkan kode di bawahnya <br/> jika anda ingin memberi jarak antara iklan dengan artikel. Ingat, iklan yang terlalu mepet dengan artikel bisa saja dianggap melanggar TOS oleh Google.
  7. Klik Update File.

Adsense di Posting WordPress

 

Catatan: Ada cara otomatis jika kita ingin iklan muncul di tengah-tengah posting, bukan di awal/akhir. Pada langkah 3 di atas, ganti kode <?php the_content( ); ?> dengan kode di bawah ini:

<?php
$where = 3;
$content = apply_filters('the_content', get_the_content());
$content = explode("</p>", $content);
for ($i = 0; $i <count($content); $i++) {
if ($i == $where) { ?>
<div style="float:left; padding:8px 16px 8px 0px;">
Paste script Adsense di sini
</div>
<?php
}
echo $content[$i] . "</p>";
}
?>

di mana 3 menunjukkan bahwa iklan akan muncul setelah paragraf ke-3, dan nilainya bisa kita rubah sesuai keinginan. Hati-hati dalam menggunakan cara ini karena belum tentu cocok diterapkan pada semua blog. Contohnya blog Info Cool ini yang artikelnya bermacam jenis (tutorial, review, galeri foto, dll) dan masing-masing layoutnya berbeda-beda, sehingga bisa saja iklan yang muncul di satu artikel kelihatan bagus, tapi di artikel lain berantakan (misalnya karena terlalu mepet dengan foto, menutupi kotak review, dll).

Jika memang ingin memasang iklan Adsense di tengah posting, anda bisa saja melakukannya secara manual seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini. Tidak perlu pada semua posting karena merepotkan, hanya pada posting-posting andalan yang menghasilkan banyak traffic.

Artikel Menarik Lainnya:

Tags: