Membuat Halaman Statis pada Homepage Blogger





Pada dasarnya blog memang diciptakan dengan halaman depan (homepage / front page) yang selalu berubah-ubah, dan ini yang membedakan sebuah web-log (blog) dengan web-site. Karena makin populernya blog, banyak tool yang dibuat untuk memudahkan kegiatan blogging, seperti Blogger / Blogspot . Karena mudahnya penggunaan platform ini, banyak juga orang yang ingin memanfaatkan Blogger untuk membuat website (bukan blog).

Masalahnya platform Blogger dirancang untuk menampilkan dynamic front page, sehingga yang ditampilkan di halaman depan situs adalah beberapa postingan terakhir kita, bukan satu halaman statis (static page) seperti umumnya website.

Untuk lebih jelasnya, coba buka situs Best and Hard Riddles. Website tersebut dibuat dengan Blogger, dan menggunakan halaman statis pada homepage. Dengan demikian, walaupun ada posting baru, halaman muka yang ditampilkan tidak akan berubah, tidak seperti blog biasa yang selalu menampilkan posting terbaru di homepage-nya.

Sekarang, bagaimanakah caranya untuk membuat halaman statis pada Blogger / Blogspot? Ikuti langkah-langkah di bawah.

 

Tutorial membuat halaman statis pada homepage Blogger:

  1. Login ke Dashboard Blogger anda, masuk ke pilihan Settings > Posts and Comments.
  2. Pada Show at most, ketik 0 posts on the main page. Klik Save settings.
    Pada kondisi ini, homepage anda akan kosong dan tidak terisi postingan apa pun, hanya ada peringatan “No Post” beserta widget/gadget yang anda pasang.
    Blogger-Static-Page
  3. Sekarang saatnya membuat halaman statis untuk homepage anda. Bukan dengan posting atau page, melainkan dengan gadget!
    Masuk ke menu Layout, pilih Add a Gadget > HTML/Javascript, dan buat halaman sesuka hati anda.
    Tips: Kalau anda kesulitan dengan kode HTML, anda bisa memanfaatkan fitur posting biasa untuk mengkreasikan static page anda. Setelah selesai baru copy kode HTML-nya ke gadget baru.
  4. Setelah selesai, posisikan gadget anda di atas Blog Post (lihat gambar di bawah) dan klik Save arrangement. Sekarang anda sudah mempunyai static page. Agar gadget ini hanya tampil di halaman depan (homepage), dan bukan semua halaman, anda perlu membuatnya menjadi Homepage Only Gadget.
    membuat-halaman-statis
  5. Sekarang homepage dengan halaman statis anda sudah selesai. Langkah terakhir adalah menghapus peringatan “No Post” yang muncul di bawah gadget. Caranya:
    • Masuk ke Template
    • Pilih Backup/Restore dan klik Download Full Template untuk jaga-jaga bila nanti terjadi kesalahan
    • Klik Edit HTML
    • Cari kode “navmessage” dan hapus seluruh blok kode tersebut seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:
      Edit-Template
    • Save template.
  6. Selesai.

Artikel Menarik Lainnya: