Memperbesar Volume Film pada Media Player Classic (MPC)





Apakah anda memiliki hobi download film dengan format avi, mkv atau mp4? Pernah mengalami film yang anda download volumenya pelan sekali ketika diputar menggunakan Media Player Classic – Home Cinema (MPC-HC)? Jika ini terjadi, jangan terburu-buru berpikiran buruk bahwa ini adalah kesalahan dari encoder yang keterlaluan dalam mengkompres audio pada film, karena masalahnya bisa jadi berasal dari sound card dan speaker anda.

Kebanyakan film digital yang beredar di internet menggunakan format audio channel 5.1 atau 6.1 yang merupakan surround sound. Sedangkan pengguna PC atau laptop umumnya hanya menggunakan speaker stereo (2.0) atau stereo dengan sub-woofer (2.1).  Hal ini akan menyebabkan audio output yang dihasilkan speaker berbeda dari yang seharusnya. Gejala yang paling umum biasanya adalah film mempunyai volume sangat pelan ketika adegan dialog, namun volumenya akan menjadi normal/keras ketika ada sound fx / efek spesial (misalnya suara ledakan atau suara mesin mobil).

Jika anda memiliki Media Player Classic terinstall di komputer/laptop, maka jangan khawatir, karena suara yang pelan tersebut bisa di-boost dan dinormalisasi, sehingga volume antara adegan dialog dan sound effect menjadi seimbang.

 

Cara Memperbesar Volume Film pada MPC:

  1. Download dan install K-Lite Codec Pack terbaru, yang berisi program MPC beserta codec sehingga player bisa memutar seluruh format film.
  2. Satu hal yang sangat penting dalam meng-install, pastikan setting speaker benar, yakni sesuai dengan jenis speaker yang anda miliki.
    MPC-speaker-setting
  3. Buka program Media Player Classic. Masuk ke View > Option > Internal Filters > Audio Switcher. Centang pilihan Normalize dan Regain Volume. Geser slider Boost ke kanan sampai level yang anda inginkan. Semakin besar boost, volume audio akan semakin besar, namun akan timbul distorsi dan kejernihannya berkurang. Gunakan saja boost 100% agar volume dan kejernihan suara berimbang.
    memperbesar volume film pada MPC
  4. Klik Apply. Selesai.

Demikianlah tutorial tentang cara memperbesar volume film pada Media Player Classic. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Menarik Lainnya: