Mengganti DNS ISP dengan Google Public DNS





Apapun layanan internet yang kita gunakan, kita akan secara otomatis mendapat DNS dari ISP bersangkutan. Ada resiko dari menggunakan DNS milik ISP, yakni kadang-kadang kita akan menemukan situs yang tidak bisa dibuka karena terblokir kebijakan masing-masing ISP. Ada ISP yang memutuskan memblokir situs dewasa, ada juga yang melarang situs bermuatan video streaming, sedangkan beberapa lainnya memblokir situs yang menyinggung SARA.

Ada cara sederhana untuk mengakali hal tersebut, yaitu menggunakan Google Public DNS. Bukan berarti saya menganjurkan untuk membuka situs yang “aneh-aneh” lho, tapi realistis saja, sistem blocking yang dikembangkan oleh ISP kebanyakan masih sangat ngawur, sehingga banyak situs-situs “bersih” yang ikut-ikutan tidak bisa diakses.

Selain untuk melewati blokir dari ISP terhadap situs-situs tertentu, menggunakan Google Public DNS  juga berguna untuk meningkatkan kecepatan browsing, selain meningkatkan aspek security & privacy juga.

DNS (Domain Name System) berguna dalam menerjemahkan suatu nama domain (misal:www. domainanda.com) ke IP (Internet Protocol – misal IP dari domainanda.com adalah 123.456.7.89). Anggap saja DNS sebagai buku teleponnya internet, dan pengguna internet rata-rata melakukan pencarian situs pada DNS sebanyak ratusan kali per hari, yang akan menyebabkan beban DNS ISP semakin berat dan secara otomatis proses browsing akan melambat.

Karena mesin pencari Google telah menjelajahi web setiap hari dan menyimpan informasi tersebut dalam DNS cache mereka, maka mengakses situs menggunakan Google Public DNS akan lebih cepat ketimbang menggunakan DNS dari ISP. Perlu dicatat, proses ini hanya menambah kecepatan membuka situs, bukan mempercepat koneksi internet kita!

Jadi, jika ingin menggunakan Google Public DNS, ubah DNS server adresses di settingan network komputer anda menjadi:

Untuk pengguna IPv4:
Preffered DNS Server: 8.8.8.8
Alternate DNS Server: 8.8.4.4
Untuk pengguna IPv6:
Preffered DNS Server: 2001:4860:4860::8888
Alternate DNS Server: 2001:4860:4860::8844

 

Adapun cara untuk merubah DNS jika anda menggunakan ISP seperti Speedy, dll pada Windows 7, Mac OS, ataupun Linux, bisa anda baca panduan lengkap dari Google. Ingat, catat baik-baik DNS dari ISP anda sebelum melakukan perubahan, agar anda dapat mengembalikan lagi seperti semula jika dirasa perlu! Di bawah ini adalah contoh untuk cara merubah DNS pada Windows XP.

 

Cara Merubah ke Google Public DNS pada Windows XP:

  1. Masuk ke Control Panel>Network Connection.
  2. Klik kanan di koneksi internet yang ingin anda rubah DNS-nya, kemudian klik Properties.
  3. Pilih tab Networking.
  4. Pilih Internet Protocol (TCP/IP).
  5. Klik Properties.
  6. Pilih Use the following DNS server addressesdan ganti DNS dengan:
    Preferred DNS server: 8.8.8.8
    Alternate DNS server: 8.8.4.4
    (sekali lagi ingat untuk mencatat alamat DNS yang lama sebelum mengganti dengan Google Public DNS!)
  7. Klik OK.

 

Sedangkan jika anda menggunakan modem USB dengan provider GSM/CDMA/EVDO, ganti saja DNS pada software bawaan modem anda. Contohnya untuk modem Smartfren dan AHA, seperti pada gambar di bawah ini:

Google Public DNS

Merubah ke Google Public DNS pada layanan internet AHA

 

Merubah ke Google Public DNS pada layanan internet Smartfren

 

Artikel Menarik Lainnya:

Tags: