Cara Meningkatkan Kecepatan Blog Ber-Platform Blogger / Blogspot





Sebagai mesin pencari nomor satu di dunia maya, Google selalu mengutamakan user experience. Apa yang pengunjung tidak suka, maka Google juga tidak akan suka. Misalnya saja, jika anda ingin mengetikkan “hasil pertandingan liga inggris” di Google, dan kemudian meng-klik salah satu situs di hasil pencarian, kemudian situs itu membutuhkan waktu lebih dari satu menit untuk loading, pasti anda merasa jengkel bukan? Nah, Google pun pasti memiliki perasaan yang sama, jadi dia akan memberi penalti kepada situs/blog yang lemot tersebut. Inilah alasan kenapa penting untuk meningkatkan kecepatan blog, termasuk yang menggunakan platform Blogger/Blogspot.

Sebuah blog yang cepat juga akan membuat pengunjung betah dalam membuka-buka halaman yang terdapat dalam blog tersebut. Semakin lama pengunjung berada di sebuah situs, maka statistik situs tersebut akan meningkat, baik di mata search engine seperti Google, atau di situs yang menyediakan informasi tentang kualitas sebuah website seperti Alexa.

Masalahnya, kadang-kadang para blogger hanya mempedulikan tampilan blog semata, tanpa memperhatikan efeknya pada kecepatan loading blog itu sendiri. Padahal, umumnya desain yang terlalu bombastis justru akan memberi beban berlebih pada kecepatan membuka halaman situs. Apalagi tidak semua pengguna internet mempunyai koneksi cepat, sehingga jika kita di rumah merasa bahwa blog yang kita desain bisa dibuka dalam waktu beberapa detik saja, belum tentu pengguna di daerah lain juga merasakan hal yang sama.

Kalau anda ingin mengetahui apakah blog anda cukup cepat atau terlalu lambat, anda bisa menggunakan tool WebPage Test. Situs ini dapat melakukan tes kecepatan blog kita melalui banyak server dari belahan dunia yang berbeda-beda. Kalau anda mengelola blog ber-Bahasa Inggris dengan target pengunjung internasional, maka usahakan kecepatan loading blog di bawah 20 detik jika dibuka dari Amerika dan Inggris. 

meningkatkan kecepatan blog

Beberapa cara meningkatkan kecepatan blog dengan platform Blogger/Blogspot:

  • Gunakan template sederhana. Kadang-kadang kita memang bingung jika harus memilih, apakah mengutamakan tampilan atau kecepatan. Ini semua tergantung dari tema blog kita, apakah blog hiburan yang butuh banyak multimedia dan widget, ataukah blog berita yang hanya untuk menyampaikan informasi. Untuk jenis yang ke-2, cukup menggunakan template sederhana dengan satu sidebar. Template bawaan dari Blogger adalah pilihan terbaik bagi yang mengutamakan kecepatan.
  • Gunakan multimedia seperlunya. Video, audio, gambar, dan flash sangatlah besar pengaruhnya dalam membebani kecepatan sebuah blog. Gunakan seperlunya saja. Bila terpaksa butuh banyak, jangan ditumpuk sekaligus pada satu halaman saja, melainkan pecahlah ke dalam beberapa postingan.
  • Gunakan Picasa untuk hosting gambar. Jika anda meng-upload gambar melalui akun Blogger, gambar tersebut akan secara otomatis di-host di Picasa. Picasa dan Blogger adalah sama-sama produk dari Google, karena itulah Blogger akan lebih cepat dalam meng-indeks gambar dari Picasa, sehingga hindari menggunakan hosting gambar lain seperti photobucket dan flickr.
  • Re-size gambar ke resolusi yang lebih kecil. Jika blog anda bukan blog fotografi atau wallpaper yang mengharuskan memasang foto dengan resolusi tinggi, maka sebaiknya lakukan re-size terlebih dahulu terhadap gambar yang akan di-upload ke blog. Anda juga bisa melakukan convert format file yang berukuran besar seperti BMP menjadi format yang lebih ekonomis seperti GIF atau PNG.
  • Gunakan thumbnail. Jangan pasang gambar beresolusi tinggi secara full-size dalam sebuah posting. Pakai thumbnail dengan link ke gambar tersebut, sehingga ukuran full-size baru muncul ketika pengunjung meng-klik thumbnail.
  • Batasi jumlah postingan pada homepage, yaitu maksimal 10 posting per halaman. Semakin banyak jumlah posting, ukuran halaman akan semakin besar dan semakin lama waktu loadingnya. Ubah jumlah postingan lewat menu Settings > Posts and comments > Show at most ___ posts on the main page.
  • Gunakan fitur read more, sehingga homepage hanya menampilkan preview artikel, bukan keseluruhan isinya. Fitur ini sudah disediakan pada halaman posting, yaitu dengan menekan tombol insert jump break di tempat di mana kita ingin memotong artikel.
  • Batasi penggunaan widget. Memasang bermacam-macam widget di sidebar mungkin akan membuat blog terlihat lebih keren. Tapi perlu diingat, gadget seperti kalender, slideshow foto pribadi anda, atau game memberi makan ikan, selain tidak berguna bagi pengunjung juga akan memperlambat blog anda.
  • Urutan loading sebuah halaman blog adalah dari kiri ke kanan, kemudian atas ke bawah. Karenanya gunakan template dengan sidebar di kanan, agar isi blog anda dibuka terlebih dahulu, baru kemudian widget-widget di sidebar.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan kode stylesheet (css). Kalau anda perlu menambahkan kode css, letakkan css di bagian atas dari HTML template, yakni di antara bagian <head> dengan </head>.

Demikianlah beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan blog yang menggunakan platform Blogger / Blogspot. Perlu diingat bahwa fokus tutorial di atas hanya untuk mengoptimalkan kecepatan, tanpa memperdulikan penampilan blog maupun performa iklan. Namun apapun tujuan blog anda, baik itu hendak mengutamakan kecepatan, penampilan, penjualan, maupun klik iklan, hendaknya jaga agar waktu loading tidak lebih dari 30-40 detik.

 

Artikel Menarik Lainnya: