Cara Merubah Font Teks pada Media Player Classic





Media Player Classic (MPC) adalah software pemutar film paling populer di komputer/laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Kalau sebelumnya saya sudah menulis cara memperbesar volume film pada MPC, sekarang kita akan membahas satu tips lagi untuk program ini, yaitu cara merubah ukuran font subtitle.

Default setting font pada MPC adalah Arial, bold, ukuran font 18, dan warna putih. Jika kita menggunakan layar monitor besar, atau menonton dari jarak cukup jauh, ukuran font 18 tergolong kecil. Selain itu ada beberapa film yang background tone-nya sangat terang, sehingga subtitle berwarna putih akan tampak kurang jelas. Hal-hal tersebut yang membuat penting untuk mengetahui cara merubah font teks pada Media Player Classic.

 

Tutorial Merubah Ukuran Font Subtitle pada MPC:

  1. Buka file film yang ingin anda tonton. Jika anda membuka dari DVD, anda bisa masuk ke menu subtitle melalui tab Play > Subtitles > Styles. Sedangkan jika anda membuka file digital (avi, mkv, mp4) dengan subtitle berformat .srt atau .sub, maka cari icon berwarna biru dengan tulisan FFd di pojok kanan bawah dari taskbar Windows, dan klik menu DirectVobSub.
    Subtitle-Menu
    (catatan: jika icon FFd tidak ada di taskbar, anda juga bisa mengakses menu DirectVobSub dengan meng-klik kanan di layar film yang sedang diputar MPC dan pilih menu Filters>DirectVobSub>Properties).
  2. Klik tab Arial di menu Text Settings.
    Text-Settings
  3. Pada menu Style Editor ini kita bisa merubah warna teks. Klik warna putih pada Colors & Transparency > Primary, dan klik pada warna yang anda inginkan. Selain itu kita juga bisa merubah warna dan ketebalan outline (garis tipis pada tepi teks) dan shadow. Pada kolom Screen Alignment & Margins, kita bisa mengatur letak teks pada layar, apakah di atas, bawah, kiri, maupun kanan layar.
    Klik tab Arial pada kolom Font untuk masuk ke menu selanjutnya.Merubah Warna Font MPC
  4. Pada menu ini anda bisa merubah tipe font, style, dan ukurannya sesuai dengan yang anda inginkan. Setelah selesai klik Ok pada semua menu yang sudah anda buka tadi. Perubahan baru akan terlihat setelah anda me-restart program MPC. Setting ini kemudian akan menjadi default, sehingga tidak perlu merubah lagi ketika anda membuka film yang berbeda.
    Merubah Ukuran Font Subtitle MPC
  5. Selesai. Selamat menonton!

Artikel Menarik Lainnya: