Pasangan di Komik Detektif Conan, Siapa Favorit Anda?





Tidak banyak manga yang dapat terbit hingga puluhan volume namun tetap dapat mempertahankan kepopulerannya, bahkan dengan penjualan yang terus meningkat. Judul-judul yang masih menempati daftar best sellers walaupun sudah terbit di atas 50 volume di antaranya adalah One Piece, Naruto, dan Detektif Conan (Meitantei Conan).

Salah satu alasan yang menyebabkan Conan bisa tetap laris adalah karena komik ini bisa dinikmati semua segmen pembaca, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan. Selain menarik karena kasus-kasus rumitnya yang tidak kalah dari novel detektif kelas atas, pembaca juga selalu menunggu kelanjutan kisah cinta antara sang tokoh utama Shinichi Kudo dengan Ran Mouri, yang sampai saat artikel ini ditulis masih maju-mundur tanpa kejelasan status.

Selain kisah Shinichi-Ran, komik detektif ini ternyata juga banyak berisi kisah percintaan yang cukup rumit dan lucu di antara para tokoh-tokohnya. Di bawah ini adalah beberapa pasangan yang ada di Detektif Conan, yang disertai sedikit penjelasan tentang cerita romantis mereka.

 

10 Pasangan yang ada di Komik Detektif Conan:

 

10. Hiroshi Agasa x Fusae Campbell

Hiroshi-Agasa-Fusae-Campbell

Kisah cinta Porfesor Agasa ini agak tragis. Fusae adalah teman masa kecil Agasa. Dia yang keturunan Amerika-Jepang memiliki rambut pirang sehingga sering diejek teman-teman sekolahnya. Hanya Agasa yang baik padanya dan menyukai warna rambut Fusae. Sayang, hanya tiga bulan setelah perkenalan mereka, Fusae beserta keluarganya harus pindah ke Amerika. Sebelum pergi, Fusae berjanji akan datang ke tempat spesial mereka setiap sepuluh tahun sekali untuk menemui Agasa.

Sayangnya, Agasa yang ceroboh menghilangkan petunjuk tempat pertemuan itu. Baru tiga puluh tahun kemudian, dengan bantuan Conan dan grup detektif cilik, Agasa berhasil menemukan tempat tersebut dan bertemu Fusae kembali (vol. 40 file 412). Mungkin sudah takdir bahwa selama puluhan tahun berpisah keduanya masih sendiri, dan kelihatannya akan mulai merajut hubungan spesial mereka.

 

9. Detective Chiba x Naeko Miike

Detective-Chiba-Naeko-Miike

Cerita Chiba dan Naeko sangat mirip dengan kisah cinta Agasa x Fusae. Mereka adalah teman masa kecil yang kemudian harus berpisah, dan sebelum pergi Naeko meninggalkan pesan tentang perasaannya pada sebuah video VHS. Sama seperti Agasa, Chiba juga gagal menemukan kaset yang dimaksud, hingga 13 tahun kemudian ketika dia mendapat bantuan dari Conan dan grup detektif ciliknya.

Chiba yang akhirnya mengetahui bahwa Naeko memilik perasaan yang sama dengan dirinya, gagal menemui Naeko dalam sebuah acara reuni sekolah. Ternyata Naeko sudah bekerja sebagai seorang polisi lalu-lintas di kepolisian Tokyo, di kantor yang sama dengan Chiba. Sayangnya, Chiba yang merasa pernah mengenal polisi baru ini tidak menyadari bahwa itu adalah Naeko. Sedangkan Naeko yang perasaannya pada Chiba masih tetap sama, masih belum mau membuka identitasnya (vol. 71 file 742).

 

8. Ninzaburo Shiratori x Sumiko Kobayashi

Shiratori-Kobayashi

Rasanya sebagian besar pasangan di komik Detektif Conan ini adalah childhood sweethearts, termasuk Inspektur Shiratori dan Bu Kobayashi. Shiratori pada awalnya menyukai Detektif Sato, yang dia kira adalah cinta pertamanya pada masa kecil dulu, dan merupakan alasan utama kenapa ia menjadi seorang polisi. Melalui sebuah kasus (vol.66 file 689), Shiratori akhirnya menyadari bahwa cinta pertamanya bukanlah Miwako Sato, melainkan Sumiko Kobayashi yang memang agak mirip dengan Sato, dan merupakan guru di sekolah para detektif cilik.

Kobayashi yang awalnya suka dengan segala perhatian Shiratori, merasa kecewa ketika ia pertama kali berjumpa Sato. Ia salah paham dan merasa bahwa Shiratori suka padanya hanya karena perawakannya yang sangat mirip dengan Sato. Untungnya kesalah pahaman ini tidak berlangsung lama, setelah Shiratori menjelaskan tentang pertemuan mereka di masa kecil dulu. Mereka pun akhirnya resmi berkencan (vol. 67 file 708).

 

7. Yusaku Kudo x Yukiko Kudo

pasangan-detektif-conan

Yusaku Kudo dan Yukiko  Fujimine adalah pasangan yang sudah lama menikah, dan merupakan orang tua dari Shinichi Kudo/Conan Edogawa. Mereka mungkin adalah pasangan paling serasi di komik ini, di mana Yusaku yang tampan adalah seorang novelis misteri ternama, yang kemampuan deduksinya mungkin malah lebih hebat daripada Shinichi. Sedangkan Yukiko adalah seorang artis terkenal, yang kemampuan menyamarnya sering membantu Shinichi dalam kasus-kasus yang ia hadapi.

Ketika sedang makan malam bersama Yukiko di sebuah restoran, Yusaku membantu polisi memecahkan sebuah kasus pembunuhan. Setelah itu ia langsung melamar Yukiko. Yukiko yang kagum dan masih terkejut akan kemampuan analisa Yusaku, menerima lamaran tersebut. Ia juga secara mengejutkan memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia keartisan setelah menikah.

 

6. Makoto Kyogoku x Sonoko Suzuki

Makoto-Sonoko

Sonoko adalah cewek yang tujuan utamanya adalah ingin mendapatkan pacar yang sempurna. Dia suka menarik perhatian cowok dengan berbagai macam cara, termasuk dengan memberi cokelat atau berpakaian seksi. Semua ini berubah ketika ia bertemu Makoto ketika sedang berlibur. Makoto yang seorang juara karate awalnya terlihat cuek, namun ia kemudian menyelamatkan Sonoko yang diserang bandit. Pada saat inilah Makoto mengungkapkan perasaannya pada Sonoko, dan mengatakan ia sudah lama suka pada Sonoko, yakni ketika Sonoko dengan berapi-api mendukung sahabatnya Ran pada sebuah kejuaraan karate (vol.22 file 221).

Ketika Makoto dan Sonoko menjadi semakin akrab, Makoto memutuskan untuk belajar ke luar negeri, sehingga mereka harus mengalami hubungan jarak jauh. Hal ini membuat Sonoko sedikit kembali ke kebiasaan lamanya memikat cowok, dan ia terutama berusaha mendekati Kid si pencuri yang sangat ia idolakan, namun sejauh ini selalu gagal. Namun bukan berarti perhatian Sonoko pada Makoto berkurang, di mana Sonoko selalu berusaha menunjukkan bahwa ia memilik perasaan yang kuat pada Makoto.

 

5. Wataru Takagi x Miwako Sato

Wataru-Takagi-Miwako-Sato

Takagi dan Sato adalah salah satu pasangan utama di komik Detektif Conan, di mana cerita tentang percintaan mereka sering sekali muncul. Sato yang merupakan atasan Takagi di kepolisian Tokyo pada awalnya tidak tertarik pada Takagi. Namun lambat laun, Sato mulai menyukai Takagi karena sifatnya yang sangat mirip dengan mantan kekasihnya, Jinpei Matsuda, yang meninggal karena ledakan bom. Terutama karena Takagi adalah polisi yang rela mengorbankan nyawa demi dirinya atau orang-orang lain yang tidak bersalah dalam berbagai kasus (vol. 36-37 file 369-373).

Setelah itu, usaha Takagi dan Sato untuk menjadi lebih dekat kerap berakhir kacau, karena kencan mereka sering kali diganggu para polisi pria di kesatuan mereka, termasuk Inspektur Shiratori. Mereka tidak rela kalau Sato yang merupakan polisi tercantik di kesatuan mereka jatuh ke pelukan Takagi.

Fans dari pasangan ini juga cukup lama menunggu momen ciuman pertama mereka, karena selalu saja ada gangguan ketika akan terjadi. Seperti pada kasus pemboman berantai dan manusia palu, di mana momen ciuman mereka keburu diganggu oleh Inspektur Megure dan Conan. Namun saat yang dinanti akhirnya tiba di Conan vol. 64 file 673, di mana Takagi yang terbaring di rumah sakit karena lagi-lagi mengorbankan diri demi rekan-rekannya akhirnya mendapat ciuman dari Sato.

Takagi-Sato-Ciuman-Detektif-Conan

 

4. Heiji Hattori x Toyama Kazuha

Heiji-Hattori-Toyama-Kazuha

Heiji dan Kazuha adalah pasangan yang sangat mirip dengan Shinichi dan Ran. Yang cowok sama-sama detektif, yang cewek sama-sama galak, merupakan teman sejak kecil, dan semuanya memiliki kesulitan untuk mengungkapkan perasaan pada pasangannya.

Heiji yang cuek memang tidak terlalu peduli akan cinta, namun dia selalu merasa cemburu jika Kazuha menunjukkan ketertarikan terhadap cowok lain. Sedangkan Kazuha jelas sangat menyukai Heiji, namun tidak pernah bisa mengatakan ini padanya. Selain itu kedua orang ini juga saling melindungi dan rela mengorbankan diri jika salah satu berada dalam bahaya. Seperti yang ditunjukkan pada komik Detektif Conan volume 28 file 282-283. Ketika hampir jatuh ke dalam jurang, Heiji berhasil memegang ranting dengan satu tangan, sementara tangan yang lain menahan Kazuha. Daripada mereka jatuh bersama, Kazuha memilih untuk menusuk tangan Heiji dengan panah agar melepaskan genggamannya pada Kazuha, sehingga beban Heiji menjadi lebih ringan. Namun walaupun terluka, Heiji tetap tidak mau melepas Kazuha.

"Mati pun tidak akan kulepas"

“Mati pun tidak akan kulepas”

 

Pada komik volume 75 file 786, ketika Kazuha mendengar dari Ran bahwa Shinichi sudah menyatakan cintanya di London, dia akhirnya memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaannya pada Heiji. Sayangnya ketika dia belum selesai bicara, Heiji sudah keburu lari untuk mengejek Conan/Shinichi, sehingga kata-kata Kazuha sama sekali tidak dia dengar.

Kazuha-Confess-Heiji 1

Kazuha-Confess-Kazuha-Confess-Heiji 2

 

3. Kogoro Mouri x Eri Kisaki

Kogoro-Mouri-Eri-Kisaki-Anime

Kogoro dan Eri adalah pasangan yang sudah lama menikah, namun hidup terpisah selama lebih dari sepuluh tahun akibat dari seringnya mereka bertengkar. Banyak pihak yang heran kenapa kedua orang ini bisa menikah, karena walaupun mereka sudah saling mengenal sejak kecil, keduanya hampir selalu terlihat saling berseteru. Fakta bahwa mereka tetap mempertahankan pernikahan mereka walaupun hidup terpisah, jelas menunjukkan bahwa mereka masih saling mencintai.

Ada banyak momen yang menunjukkan bahwa Kogoro dan Eri masih memilik perasaan yang kuat di antara mereka. Sayangnya, ketika mereka berhasil untuk dekat kembali dan hampir berbaikan, biasanya Kogoro akan melakukan suatu hal yang konyol, seperti mabuk dan merayu gadis-gadis muda, dan membuat mereka bertengkar kembali. Putri mereka, Ran Mouri, tidak pernah berhenti berusaha untuk menyatukan kedua orang tuanya dengan berbagai cara, termasuk dengan menjebak mereka agar bisa berduaan.

Salah satu momen terbaik Kogoro x Eri ada di Detektif Conan volume 27 file 266. Setelah Eri membantu membuktikan Kogoro tidak bersalah dalam suatu kasus pembunuhan, Kogoro mengatakan bahwa ia sudah bosan dengan masakan Ran dan kangen dengan masakan Eri. Di momen yang tepat pada hari ulang tahun perkawinan mereka ini, Kogoro lantas mengajak Eri untuk kembali padanya.  Eri yang sedang mengenakan earphone pura-pura tidak mendengar pertanyaan Kogoro, namun diam-diam merekamnya. Di rumah, Eri dengan gembira memutar rekaman tersebut berulang kali, sambil mengatakan bahwa Kogoro masih harus berusaha lebih keras agar dapat dia maafkan.

Kogoro-Eri-Manga-27a

Kogoro-Eri-Manga-27b

 

2. Shinichi Kudo x Shiho Miyano (Conan Edogawa x Ai Haibara)

Conan-Ai-Shinichi-Shiho

Sebenarnya sejak awal komik ini sudah jelas bahwa pasangan utamanya adalah ShinRan. Namun seiring berjalannya waktu, banyak fans yang menyukai karakter Shiho dan berharap pada akhirnya yang terjadi adalah pasangan ShinShi (CoAi). Hal ini bisa dimaklumi, karena adanya persamaan nasib Shinichi dan Shiho yang sama-sama berubah menjadi anak kecil, sehingga mereka berdua pun menjadi lebih dekat. Kalau setelah diburu Black Organization Shinichi dan Ran jarang bertemu, maka Conan dan Ai hampir setiap hari bersama, apalagi mereka juga sekolah di tempat yang sama.

Salah satu bukti kedekatan mereka adalah mampunya Ai untuk bersikap terbuka terhadap Conan. Ai sebenarnya adalah seorang wanita yang kuat dan tegar, namun hanya di depan Conan dia pernah menunjukkan kelemahannya, dengan menangis di hadapan Conan ketika Ai teringat kakak perempuannya yang meninggal (vol.19 file 181).

Conan-Ai-CryingDalam berbagai kesempatan, Ai juga menunjukkan tanda-tanda yang kuat bahwa dia menyukai Conan. Namun setiap ada yang mengkonfrontasi, dia selalu menghindar dan mengatakan bahwa ia cuma bercanda. Hal ini dilakukan karena Ai menyadari betul bahwa Conan mencintai Ran.

Conan-Ai

Conan sendiri sangat memperhatikan keselamatan Ai, terutama karena Ai sering kehilangan ketenangan jika sudah berurusan dengan kawanan berjubah hitam. Ai juga merupakan satu-satunya wanita yang kepandaiannya bisa mengimbangi Conan, sehingga banyak fans yang menyebut pasangan ini mirip Sherlock Holmes x Irene Adler.

 

1. Shinichi Kudo x Ran Mouri

Ibu Shinichi, Yukiko, sudah berteman dengan orang tua Ran (Kogoro-Eri) sejak masa sekolah. Karena hubungan yang erat inilah, Shinichi dan Ran sudah akrab sejak kanak-kanak hingga remaja. Sayangnya sebelum Shinichi menghilang dan berubah menjadi Conan, mereka berdua sama-sama belum yakin akan perasaan masing-masing.

Setelah Shinichi menghilang, Ran pernah berkata pada Conan bahwa dia menyukai Shinichi. Conan yang mendengar ini merasa malu dan hampir mengungkap jati dirinya, namun masih bisa menahan diri. Hubungan Ran dan Conan akhirnya menjadi seperti kakak-adik, dengan Conan yang secara diam-diam selalu melindungi Ran. Walaupun jika Ran mengetahui kebenarannya, dia mungkin akan membunuh Shinichi, karena Ran sering memeluk Conan, bahkan pernah mandi dan tidur bersama….

Conan sendiri tidak bisa memberi tahu Ran tentang rahasia perubahan dirinya, karena mengkhawatirkan keselamatan Ran. Sedangkan Ran sering salah paham, dan mengira Shinichi sengaja menghindar darinya. Pada komik volume 33 file 337, Conan berkata pada Ai Haibara bahwa ia (sebagai Shinichi) tidak boleh mengungkapkan perasaannya pada Ran, karena hal itu dapat membuat Ran menderita.

"If I said how I feel about her, she would miss me even more... All this time, I've been breaking her heart by keeping her waiting, yet I still can't appear before her eyes. I never want to see her cry anymore, even if it means I no longer exist in her heart. How immature of me, right?"

“If I said how I feel about her, she would miss me even more… All this time, I’ve been breaking her heart by keeping her waiting, yet I still can’t appear before her eyes. I never want to see her cry anymore, even if it means I no longer exist in her heart. How immature of me, right?”

 

Namun bagaimanapun juga berusaha menahan diri, Shinichi akhirnya harus mengunkapkan perasaannya pada Ran. Momen terbaik ini terjadi di komik volume 71 file 752. Ketika Ran berada di London, ia mengetahui Shinichi juga di sana, sehingga ia sangat marah pada Shinichi yang tidak memberitahunya. Saat itu Conan yang sudah minum obat dan kembali menjadi Shinichi mencoba menenangkan Ran. Ran yang emosi berkata, “Jika kau seorang detektif, kau seharusnya dapat mengetahui isi hatiku. Bodoh!”

"If you're a detective, you should be able to deduce what's in my heart! Idiot!"   -- Ran

“If you’re a detective, you should be able to deduce what’s in my heart! Idiot!” — Ran

 

Shinichi mengejar Ran yang berlari sambil menangis, dan menangkap tangannya tepat di bawah Big Ben. Shinichi pun menjawab pernyataan Ran, “Kau benar-benar kasus yang sulit, tahu! Dengan perasaanku yang kacau ini….Bahkan jika aku adalah Holmes, tetap akan mustahil bagiku untuk memecahkannya. Hati dari seorang wanita yang kau cintai….Bagaimana bisa seseorang mengetahuinya dengan tepat?”

"You're a tough, troublesome case, you know! With all these distracting emotions... Even if I were Holmes it'd still be impossible to figure out! The heart of a woman whom one loves... How can anyone accurately deduce that?"  -- Shinichi

“You’re a tough, troublesome case, you know! With all these distracting emotions… Even if I were Holmes it’d still be impossible to figure out! The heart of a woman whom one loves… How can anyone accurately deduce that?” — Shinichi

 

Setelah momen ini, walaupun menjadi lebih dekat, hubungan mereka berdua kelihatannya masih belum mengalami kemajuan berarti. Penyebab utamanya adalah Shinichi yang belum bisa membuka jati dirinya, sebelum ia berhasil menumpas habis Black Organization.

 


 

Mana yang Lebih Anda Suka, ShinRan atau ShinShi?

View Results

Loading ... Loading ...

 

Untuk Pasangan Lain di Komik Detektif Conan, Siapa Favorit Anda?

View Results

Loading ... Loading ...

Artikel Menarik Lainnya: