Review Game Need For Speed: Hot Pursuit (2010)





Need For Speed: Hot Pursuit (2010) adalah salah satu seri dari franchise game balap populer Need for Speed keluaran Electronic Arts. Sebenarnya judul ini sudah pernah dipakai pada seri sebelumnya, yaitu di tahun 1998 (NFS: Hot Pursuit) dan 2002 (NFS: Hot Pursuit 2). Mungkin EA memilih judul yang sama karena konsep game ini agak berbeda dari seri NFS biasanya, dan lebih terinspirasi oleh NFS original, yang waktu itu masih eksklusif untuk console 3DO.

EA sendiri hanya bertindak sebagai publisher untuk game ini, sedangkan pengerjaannya dilakukan oleh Criterion Games, yang sebelumnya sukses menghasilkan game balap Burnout Paradise. Karenanya wajar saja kalau seri NFS Hot Pursuit ini agak berbeda dari game-game NFS terdahulu, dan lebih mirip Burnout Paradise.

NFS: Hot Pursuit

Review Game NFS: Hot Pursuit

Kelebihan:

  • Jika pada seri-seri Need for Speed sebelumnya kita lebih banyak bermain sebagai pembalap jalanan, maka pada NFS: Hot Pursuit kita juga bisa bermain sebagai polisi. Ada dua mode permainan dalam game ini; sebagai pihak yang dikejar dan yang mengejar.
  • Tampilan grafis yang detail. Efek cuaca, tabrakan, debu pada jalanan sangat terasa pada game ini. Juga terdapat slow motion untuk adegan-adegan penting, seperti kalau kita bisa menghentikan laju musuh.
  • Seperti pada game-game NFS sebelumnya, banyak soundtrack yang asyik didengarkan ketika sedang bermain.
  • Pengendalian mobil lebih responsif, sehingga memudahkan untuk berbelok dengan mulus di tikungan tajam pada kecepatan tinggi.
  • Banyak cara untuk menghentikan musuh, baik jika kita bermain sebagai polisi ataupun penjahat. Kita bisa menggunakan peralatan seperti road block, spike strip, maupun EMP untuk menghentikan mobil lawan.
  • Artificial Intelligence yang lebih baik. Lawan kita cukup cerdas pada game ini, mereka sering melakukan manuver-manuver yang tidak terduga. Selain itu traffic juga responsif. Jika ada kendaraan datang dari arah depan, mereka bisa membanting setir secara tiba-tiba, yang membuka kemungkinan terjadinya kecelakaan.
  • Banyaknya pilihan mobil, baik itu mobil sport yang sudah dilempar ke pasaran, maupun mobil yang masih dalam tahap eksperimental.

 

Kekurangan:

  • Tidak ada mode free roaming. Ini seperti kembali ke jaman NFS Underground, di mana kita hanya melompat dari satu event ke event lain. Sekalipun ada mode free race, namun ini tidak ada pengaruh apa-apa terhadap career, dan hanya jadi tempat untuk mencoba mobil saja.
  • Tidak ada cerita/plot pada game NFS: Hot Pursuit ini. Kita hanya menyelesaikan balapan-balapan sampai mencapai level 20, baik sebagai polisi maupun pembalap jalanan. Karena tidak ada cerita, maka juga tidak ada live-action cut scene yang berisi cewek-cewek seksi seperti Maggie Q (NFS Undercover), Emmanuelle Vaugier (NFS Carbon), atau Brooke Burke (NFS Underground 2).
  • Gameplay agak repetitive. Pemandangan juga agak membosankan dengan area yang terbatas pada jalanan luar kota, seperti di padang pasir, canyon, dan tepi pantai.
  • Tidak ada upgrade dan variasi mobil. What you see is what you get.
Rating: 8/10

 

NFS: Hot Pursuit (2010)

Publisher: Electronic Arts
Developer: Criterion Games
Release: November 2010
Rating: G
Platform: PS3, XBox, PC (Microsoft Windows), Wii, iPhone

Minimum System Requirements (for PC):

OS: Windows XP SP3/Vista/7
Processor: Intel Core® 2 Duo 1.8 GHZ or AMD Athlon X2 64 2.6 GHZ
Memory: 1.5 GB for XP, 2 GB for Vista/7
Hard Drive: 8.0 Gb free space
Video Memory: 256 Mb DirectX® 9.0 compliant card with Shader Model 3.0 or higher
Video Card: nVidia GeForce 8800GT / ATI Radeon HD 4700 recommended
Sound Card: DirectX Compatible
DirectX: 9.0c
Keyboard/Joystick (optional)
DVD Rom Drive

 


Artikel Menarik Lainnya:

Tags: