Review Komik Kisah Hidup Paman Gober





Kisah-Hidup-Paman-GoberKisah Hidup Paman Gober (The Life and Times of Scrooge McDuck)

Penerbit: Kompas Gramedia
Pengarang: Don Rosa, berdasarkan karakter yang diciptakan oleh Carl Barks
Terbit: 2011 (edisi bundel/cetakan I)
Tebal: 498 halaman
Harga: Rp. 170.000

Plot:

Cerita mengenai perjalanan hidup Paman Gober yang dulu terbit dalam tujuh seri buku kini hadir secara utuh. Bacalah kisah perjuangannya mulai dari menjadi penyemir sepatu di Glasgow, bertualang ke seluruh penjuru dunia, membangun gudang uang, hingga menjadi bebek terkaya di dunia. Dapatkan pula di dalam edisi koleksi bundel ini cerita-cerita kisah hidupnya yang dulu tidak dimuat dalam tujuh seri awal.

 

The Good
Ilustrasi yang indah • Timeline yang sesuai dengan sejarah dan kehadiran tokoh-tokoh dunia • Romantisme seorang Gober Bebek • Banyak sisipan menarik • Kaya akan pesan moral
The Bad

Rating: 9.5/10

 

Review Komik Kisah Hidup Paman Gober:

Tahukah anda bahwa pada masa mudanya Paman Gober pernah singgah ke Pulau Jawa? Ya, Gober muda berlayar ke Batavia untuk menjual sapi tanduk panjang Texas untuk digunakan pada Karapan Sapi di Madura. Pada tahun 1883 ini pula Paman Gober menjadi saksi meletusnya Gunung Krakatau, yang merupakan salah satu peristiwa alam paling dahsyat dalam sejarah dunia.

Petualangan di Indonesia tersebut hanyalah sekelumit dari kisah hidup Paman Gober yang diceritakan di komik ini. Kita akan mengikuti perjuangan Gober yang dimulai dari kanak-kanak sebagai penyemir sepatu di Glasgow. Ketika pelanggan pertamanya membayar dengan koin Amerika (ya, inilah keping kebertuntungan yang legendaris itu!), Gober menganggap ini sebagai sebuah pertanda bahwa ia harus merubah nasib dengan pergi bertualang ke Amerika.

Perjuangan Gober tidaklah mudah. Ia harus merintis karir sebagai pelaut di Sungai Mississippi, menjadi koboi dan penggembala ternak, sampai menjadi penambang tembaga. Ketika ia mulai menunjukkan keberhasilan, Gober harus menjual tambangnya dan pulang ke Skotlandia untuk membantu keluarga. Harus mulai dari nol lagi, Gober memutuskan untuk berburu emas, yang membawanya berpetualang ke Afrika, Australia, hingga ke Alaska, di mana dia menemukan kesuksesan dan titik awal untuk mewujudkan ambisinya menjadi bebek terkaya di dunia.

Tidak hanya bercerita mengenai kerja keras Gober muda dalam mengumpulkan kekayaan, buku ini juga menceritakan hubungan Gober dengan keluarganya, yakni ayah, ibu, dan terutama dua saudarinya, Matilda dan Hortensia yang pemarah (yang sifatnya menurun kepada anaknya, Donal).

Selain itu, melihat sifatnya yang penyendiri, siapa sangka Gober pernah jatuh cinta di masa mudanya. Ya, Gober yang pada saat itu berkelana di Klondike menyukai Goldie, sang bintang daerah Utara. Sifat keduanya yang keras dan saling jual mahal membuat kisah cinta mereka menjadi lucu, namun juga mengharukan. Di balik kekeras kepalaannya, Gober ternyata menyimpan sisi romantis yang tinggi, yang membuatnya selalu terkenang akan Goldie walaupun sudah sekian tahun berpisah.

Gober dan Goldie

Gober dan Goldie

 

Don Rosa’s Style

Paman Gober (Scrooge McDuck) adalah tokoh ciptaan ilustrator legendaris Disney, Carl Barks (1901-2000). Sedangkan komik The Life and Times of Scrooge McDuck ini ditulis dan digambar oleh Don Rosa, yang sering disebut sebagai penerus Car Barks, dan saat ini pun sudah dianggap sebagai legenda hidup Disney. Dalam menyiapkan komik ini, Don Rosa membuat daftar akan semua fakta tentang masa muda Gober yang pernah diungkapkan dalam karya yang diciptakan Carl Barks. Kemudian dia menyusunnya dalam sebuah timeline yang urut, dan menambahkan ceritanya sendiri di sela-sela periode tersebut.

Don Rosa adalah komikus yang terkenal dengan gayanya yang mengutamakan detail, baik dari segi cerita maupun ilustrasi, dan ini sangat terlihat sekali dalam komik Kisah Hidup Paman Gober.

Dari segi gambar, coretan tangan Don Rosa terlihat lebih “kotor” dibanding ilustrator Disney yang lain, karena di setiap panel komik, karyanya selalu kaya akan detail dan warna. Totalitasnya dalam mengisi detail ini membuat dia rata-rata hanya menyelesaikan kurang dari satu halaman dalam satu hari.

Sedangkan dari segi cerita, Don Rosa juga suka menambahkan detail tentang sejarah, plus munculnya tokoh-tokoh non-fiksi dalam karyanya. Contohnya dalam komik Kisah Hidup Paman Gober, selain cerita tentang meletusnya Krakatau di atas, juga terdapat kisah tentang demam emas Klondike dan tenggelamnya kapal Titanic yang timeline-nya pada komik disesuaikan dengan kejadian sebenarnya dalam sejarah. Selain itu Gober juga berinteraksi dengan para tokoh terkenal pada masanya, seperti Theodore Roosevelt, Jesse James, Wyatt Earp, Wild Bill, Geronimo, dll.

Selain dari kesetiaan pada fakta sejarah, latar belakang Don Rosa sebagai insinyur juga membuat dia sering menambahkan pengetahuan ilmiah yang masuk akal, seperti penjelasan tentang fenomena alam yang terjadi ketika ada letusan gunung berapi, atau cara kerja penemuan-penemuan yang dihasilkan Ratchet Lung (kakek dari Lang Ling Lung yang sering bertualang dengan Gober muda).

Kisah Hidup Paman Gober

Meletusnya Gunung Krakatau. Gambar yang detail dan kaya warna ciri khas Don Rosa.

 

Kisah Hidup Paman Gober edisi bundel juga dilengkapi beberapa sisipan menarik, seperti sekilas profil Don Rosa dan Carl Barks, kilas balik The Life and Times of Scrooge McDuck, dan timeline hidup Paman Gober. Selain itu ada juga denah gudang uang Paman Gober, di mana gedung sebelas lantai ini ternyata tidak hanya untuk menampung seluruh kekayaan Gober Bebek, melainkan juga merupakan gedung perkantoran yang memiliki berbagai jebakan unik untuk mencegah para perampok masuk, terutama Gerombolan Siberat.

Tapi bonus yang paling menarik mungkin adalah Silsilah Keluarga Bebek, di mana kita bisa mempelajari dengan jelas hubungan antara para tokoh utama di komik-komik Bebek dari Disney, seperti Paman Gober, Donal Bebek, Kwik, Kwek, Kwak, Nenek Bebek, Agus Angsa, maupun Untung Angsa.

Silsilah Keluarga Bebek

Silsilah Keluarga Bebek

 

Moral Lessons

Komik Kisah Hidup Paman Gober tidak sekedar menyajikan kelucuan, namun juga berisi banyak pesan moral yang menarik. Tentunya pelajaran yang bisa diambil dari komik ini bukanlah sifat kikir dari Paman Gober. Selama ini kita tahu bahwa Gober adalah bebek terkaya di dunia yang memiliki sifat super pelit dan cenderung serakah dalam mengumpulkan kekayaan. Namun cerita masa lalu Paman Gober justru menunjukkan bahwa kekayaan sebenarnya bukanlah motivasi utama Gober dalam mengumpulkan uang.

Hidup dalam masa kecil yang penuh kemisikinan, ambisi pertama Gober adalah mencari uang dengan keringatnya sendiri untuk meringankan beban keluarga. Berkali-kali ketika hampir mencapai keberhasilan, ia dihantam oleh berbagai macam masalah yang membuatnya harus mengulang usahanya dari nol lagi. Cobaan yang membuat kebanyakan orang putus asa, bukanlah sebuah masalah bagi sifat pantang menyerah Gober Bebek. Apalagi ia selalu mengutamakan kejujuran dalam mencari uang, kecuali pada satu saat dimana ia tidak bisa mengendalikan diri dan melakukan kesalahan besar yang akan sangat disesalinya seumur hidup.

Ketika ia berhasil menjadi bebek terkaya di dunia, Gober menaruh sebagian besar uangnya di gudang uang raksasa, dan tidak pernah mau membelanjakan uang tersebut kecuali kalau terpaksa. Sepintas ini seperti memperlihatkan ketamakan, namun Gober mempunyai alasan yang masuk akal. Dia menghargai setiap keping dan setiap lembar bukan karena nilai uang itu sendiri, melainkan dari bagaimana cara ia memperolehnya. Ya, bagi Gober mencari uang adalah sebuah petualangan, dan setiap keping memiliki kenangannya sendiri yang akan selalu dia ingat.

Every penny has its own memory...

Every penny has its own memory…

 

Namun karena memiliki hati yang keras dan tertutup, kedua adik Gober, Matilda dan Hortensia, salah mengartikan sifat Gober sebagai sebuah keserakahan. Ketidakmampuan Gober dalam berkomunikasi dengan keluarga yang sebenarnya sangat disayanginya ini menyebabkan kedua adik Gober tidak mau bertemu dengan kakaknya selama puluhan tahun.

Kesendirian di masa tua ini sempat membuat Gober patah semangat, dan benar-benar sempat merubah sifatnya dari bebek yang mengutamakan petualangan menjadi bebek tua yang serakah dan cerewet. Hingga akhirnya pada suatu saat ia mengundang Donal Bebek dan Kwik, Kwek, Kwak untuk makan malam. Kerjasama mereka dalam menggagalkan usaha perampokan oleh Gerombolan Siberat membuat Gober sadar bahwa ia masih memiliki keluarga, yang mengembalikan semangat dan jiwa petualangnya seperti dulu!

Singkatnya, Kisah Hidup Paman Gober merupakan komik idaman para orang tua, karena aman dan mendidik bagi para anak-anak, namun juga menghibur dan bisa dinikmati oleh orang dewasa.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Tags: