Review Manga Naruto Chapter 699-700 (Tamat!)





Akhirnya, setelah menemani para pembaca selama kurang lebih 15 tahun, Masashi Kishimoto menamatkan manga Naruto di dua chapter finale, yakni chapter 699-700. Seperti yang sudah diduga banyak penggemar, manga Naruto diakhiri dengan pertempuran besar antara Naruto dengan Sasuke, dengan harapan agar Naruto bisa mengembalikan sahabat dan rival terbesarnya tersebut untuk kembali ke jalan yang benar.

spoiler-alert

Naruto Chapter 699

Chapter 699 dibuka dengan Naruto dan Sasuke berbaring di tangan patung Madara dan Hashirama, setelah pertarungan antar keduanya berakhir. Sakura menyembuhkan kedua tokoh utama ini, dan kemudian dilanjutkan dengan monolog Sasuke yang menunjukkan bahwa ia telah “sadar”, dan semua berkat rasa persahabatan Naruto.

Atas segala perbuatannya, Sasuke seharusnya dihukum kurungan seumur hidup. Namun ia diampuni secara penuh karena tiga alasan; 1) peran pentingnya dalam mengalahkan Tsukuyomi, 2) hak prerogatif Kakashi sebagai Hokage, 3) permintaan Naruto yang merupakan pahlawan dari perang yang baru berakhir.

Sasuke sendiri akhirnya memutuskan untuk berkelana, untuk mengamati dunia ninja yang baru terbentuk setelah perang, sekaligus untuk merenungkan dosa-dosanya. Sebelum pergi, ia berjanji bahwa ia akan kembali pada Sakura.

Naruto tamat

Bergembiralah para fans SasuSaku!

 

Secara plot kisah manga Naruto terkesan diakhiri dengan agak terburu-buru di chapter ini. Sasuke seakan berubah begitu cepatnya dari “jahat” menjadi “baik”. Belum lagi semua kekacauan, korban terbunuh, dan kehancuran yang diakibatkan oleh perbuatannya, hanya dia tanggapi dengan kata maaf tanpa terlihat penyesalan maupun hukuman yang setimpal.

Namun secara visual, chapter ini sangat memorable dan menjadi penutup yang layak dari keseluruhan cerita. Tangan dari patung Madara dan Hashirama yang bersatu, dengan Sasuke dan Naruto yang berbaring di atasnya merupakan metafora yang brilian. Juga panel penutup yang menunjukkan Naruto mengembalikan pelindung kepala ninja milik Sasuke, dengan gamblang menggambarkan berakhirnya semua kesalah pahaman di antara keduanya.

Naruto-Ending

Beautiful ending

 

Naruto Chapter 700

Dengan berakhirnya cerita utama di chapter 699, kita mendapatkan sebuah “bonus” di chapter 700. Chapter ini merupakan sebuah epilog yang menceritakan keadaan para tokoh utama setelah bertahun-tahun kemudian. Berikut ini adalah para tokoh yang ceritanya muncul di chapter 700:

Shino Aburame menjadi instruktur di akademi calon ninja, dan mengganti kacamata hitamnya dengan visor yang lebih keren (walaupun belum pasti juga ini Shino, karena hanya disebut sebagai “Sensei Aburame” dan tidak ada ciri-ciri fisik yang khas).

Anko Mitarashi juga tetap menjadi seorang instruktur, namun badannya sudah melar dan tidak seksi lagi.

Mereka yang masuk di akademi tersebut antara lain Bolt (Boruto), Shikadai, Chocho, Inojin, Salada.

Bolt adalah anak dari Naruto dan Hinata. Selain Bolt yang berambut mirip ayahnya, pasangan ini juga mempunyai seorang anak perempuan bernama Himawari, yang rambutnya mirip ibunya. Ini benar-benar ending yang ideal bagi para pendukung NaruHina.

Melihat kumis kucingnya, mudah menebak siapa ayah dari anak Hinata ini.

Melihat kumis kucingnya, mudah menebak siapa ayah dari anak Hinata ini.

 

Rock Lee mempunyai seorang anak laki-laki, namun tidak diketahui siapa ibunya. Pasangan Rock Lee dan anaknya sangat mirip dengan pasangan Guy-Rock Lee dulu (mungkin juga anak kecil ini hanya murid Rock Lee, bukan anaknya).

Tenten membuka sebuah toko senjata, yang kurang sukses karena dunia ninja sedang dalam masa perdamaian.

Shikadai adalah anak dari Shikamaru dan Temari! Diceritakan juga Gaara dan Kankuro yang sedang berkunjung ke rumah mereka.

Kiba terlihat sedang bercengkerama dengan seorang wanita cantik di rumahnya. Melihat banyaknya kucing dan anjing di rumah itu, kemungkinan sang wanita adalah Tamaki, cucu dari ‘nenek kucing’ penjaga toko klan Uchiha. Sedangkan Akamaru sekarang menjadi anjing tua yang pemalas.

Inojin adalah anak dari Ino dan Sai. Mewarisi rambut pirang ibunya dan kulit pucat ayahnya.

Chocho adalah anak dari Chouji dan Karui! Pasangan yang mengejutkan! Karui adalah ninja Kumogakure yang dulu merupakan anggota tim Samui. Chocho memiliki tubuh yang gendut, tapi tidak seperti ayahnya, dia tidak keberatan dipanggil gendut.

Tidak ada yang menyangka akan ada pasangan Chouji-Karui!

Tidak ada yang menyangka akan ada pasangan Chouji-Karui!

 

Kurenai tinggal berdua dengan anaknya, yang sekarang merupakan pengawal pribadi Hokage.

Guy sudah kelihatan menua, berbeda dari rivalnya, Kakashi. Kakashi berencana berpetualang melihat tempat-tempat yang menyimpan kenangan baginya dulu. Sayang sekali hingga manga ini tamat kita tetap tidak bisa melihat wajah asli Hokage ke-6 ini!

Raikage ke-4, Mei Terumi, Oonoki, dan Tsunade menikmati masa pensiun. Mereka semua kelihatan menua, kecuali Tsunade yang masih tetap seksi.

Killer Bee menjadi pengangguran yang kerjanya hanya bertapa.

Naruto menjadi Hokage ke-7. Karena kesibukannya, Bolt merasa terabaikan dan sering melakukan prank seperti ayahnya dulu. Agak ironis, karena Naruto yang paling tahu bagaimana rasanya kesepian pada waktu kecil dulu. Sesibuk apapun seorang Hokage, bukankah dunia sedang dalam masa damai?

Like father like son

Like father like son

 

Shikamaru dan Shizune menjadi penasehat Hokage. Shizune masih tampak muda di sini, mungkinkah ia belajar ilmu awet muda Tsunade?

Konohamaru sudah menjadi seorang jonin dan juga guru Bolt. Kedua sahabatnya, Udon dan Moegi, juga sempat muncul di sini.

Iruka juga tetap memperhatikan perkembangan Naruto walaupun mantan anak didiknya tersebut sudah menjadi Hokage.

Salada adalah anak perempuan dari Sasuke dan Sakura. Walaupun kelihatannya Sakura seperti menjadi single parent karena ditinggal berkelana oleh Sasuke. Akhir yang menyenangkan bagi pendukung SasuSaku. Namun bagi fans Sakura saja, mungkin agak menjengkelkan karena Sakura begitu mudah menerima kembali Sasuke setelah berkali-kali disakiti.

Sakura sang ibu rumah tangga

Sakura sang ibu rumah tangga

 

Para kage sekarang adalah Naruto, Gaara, Darui, Chojuro and Kurotsuchi.

 

Secara umum dua chapter penutup ini cukup memuaskan, memberikan sensasi happy ending yang disukai pembaca. Walaupun masih banyak pertanyaan belum terjawab, seperti bagaimana nasib Orochimaru dan Kabuto, proses Kakashi menjadi Hokage, awal mula Naruto akhirnya mencintai Hinata, apakah yang dicari Sasuke dalam pengembaraannya, bagaimana Chouji bisa menikah dengan Karui, dan lain sebagainya.

Jeda waktu yang cukup lama antara chapter 699 dan 700 juga agaknya sengaja dibuat demikian. Kekosongan waktu ini membuka kemungkinan munculnya kisah lanjutan Naruto, yang bisa berfokus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Dan memang, sejauh ini sudah dikonfirmasi bahwa mulai tahun 2015, akan muncul mini-seri Naruto part 3, kumpulan side stories yang akan diawali dengan “Kakashi Story”, dan paling tidak satu film OVA lagi.

Naruto-Hokage

 


 

Puaskah anda dengan ending manga Naruto?

View Results

Loading ... Loading ...

Artikel Menarik Lainnya: