Senjata dari Film Science Fiction, Mana yang Paling Keren?





Apakah anda termasuk penggemar film-film science fiction (sci-fi) atau fiksi ilmiah? Salah satu daya tarik dari film-film ber-genre ini adalah seringnya muncul peralatan atau gadget canggih, yang beberapa di antaranya berwujud senjata. Pada kesempatan kali ini kita akan melihat 15 senjata film sci-fi yang paling keren, yang mungkin tidak akan pernah bisa diproduksi pada kehidupan nyata. Perlu dicatat bahwa daftar di bawah hanya terbatas pada senjata yang dibuat dengan teknologi canggih, dan tidak termasuk senjata mekanik atau senjata dengan kekuatan mistik/magic. Jadi jangan heran kalau cincin ajaib Frodo dan Green Lantern, pisau waktu milik Dastan, kapak Thor, atau revolver Dirty Harry tidak tercantum.

 

Inilah 15 Senjata Film Sci-Fi yang Paling Canggih:

 

15. Green Hornet Gas Gun

hi-tech-gas-gun-green-hornet

Film: The Green Hornet (2011)

Pengguna: Britt Reid (diperankan oleh Seth Rogen)

Kekuatan: Miliuner Britt Reid adalah seorang superhero tanpa kekuatan apapun. Mirip Batman, dia menggunakan kekayaannya untuk menciptakan berbagai gadget dan senjata canggih, salah satunya adalah gas gun. Senjata ini menggunakan tabung gas mini sebagai amunisinya, dan ketika ditembakkan, target akan lumpuh untuk sesaat atau tertidur hingga 11 jam.

Resiko: Cara kerja senjata ini yang mirip pistol membuat pemakainya harus membidik secara akurat untuk mengenai target. Selain itu jika target memakai masker, senjata ini tidak akan berguna sama sekali.


14. Neuralyzer

hi-tech-neuralyzer-men-in-black

Film: Men in Black (1997)

Pengguna: Agent J (Will Smith) dan Agent K (Tommy Lee Jones)

Kekuatan: Agen-agen MIB dipersenjatai dengan alat yang bisa dikantongi bernama “Neuralyzers”, yang memiliki kegunaan untuk menghapus ingatan seseorang akan sesuatu yang baru saja dia lihat, dan menggantikan ingatan tersebut dengan memori baru yang lebih masuk akal. Alat ini memancarkan cahaya yang sangat terang, sehingga hanya yang memakai kacamata hitam yang tidak akan terpengaruh oleh efeknya.

Resiko: Sangat mudah untuk dioperasikan. Bayangkan kalau sampai tidak sengaja dipegang oleh anak kecil, bisa-bisa semua orang di sekitarnya akan hilang ingatan.

 

13. EM-1 Rail-Gun

senjata-film-sci-fi

Film: Eraser (1996)

Pengguna: John Kruger (Arnold Schwarzenegger)

Power: EM-1 rail-gun menembakkan peluru dengan kecepatan cahaya. Selain itu senjata ini juga dilengkapi teleskop X-ray yang tidak hanya mempunyai kemampuan melihat menembus tembok, tapi juga menembus pakaian, kulit, dan tulang.

Resiko: Kalau melihat ukurannya, senjata ini kelihatan berat dan mungkin hanya seseorang dengan otot seperti Arnold yang mampu membawanya kemana-mana. Selain itu senjata ini juga tidak bisa disamarkan di balik baju dan akan terlalu menarik perhatian.

 

12. Heat-Seeking Bullet

hi-tech-heat-seeking-bullet-runaway

Film: Runaway (1984)

Pengguna: Sgt. Jack R. Ramsay (Tom Selleck)

Kekuatan: Peluru pencari panas bisa mengunci sasaran berupa tanda panas tubuh target, yang unik dan berbeda antara satu orang dengan lainnya. Begitu mengunci, peluru yang ditembakkan akan mengejar target kemanapun mereka lari, bahkan jika mereka sembunyi di balik tembok.

Resiko: Selain bentuk pistolnya yang kuno, resiko terbesar adalah peluru yang masih bisa dibingungkan jika di sekitar target terdapat beberapa sumber panas yang lain.

 

11. The Self-Destruct Mechanism

hi-tech-self-destruct-predator

Film: Predator (1987), Predator 2 (1990), Predators (2010)

Pengguna: Predators

Kekuatan: Seperti samurai, para alien ras Predator ini akan bunuh diri jika dikalahkan oleh lawannya, atau ketika mereka berpikir bahwa mereka tidak mungkin menang. Mereka akan mengaktifkan mekanisme penghancuran diri yang terletak di tangan, yang akan meledakkan diri mereka bersama sebanyak mungkin musuh di sekitarnya.

Resiko: Tidak ada resiko bagi pengguna, karena mekanisme ini hanya bisa diaktifkan dengan kode berbahasa Predator. Tanpa aktivasi tersebut, bom tidak akan meledak walau terkena guncangan keras sekalipun. Namun daya ledak bom yang tidak bisa diprediksi bisa memakan korban yang tidak diinginkan dari ras Predator itu sendiri.

 

10. The Noisy Crickethi-tech-noisy-cricket-men-in-black

Film: Men in Black (1997)

Pengguna: Agent J (Will Smith) and Agent K (Tommy Lee Jones)

Kekuatan: Jangan melihat ukurannya yang mini, Noisy Cricket bisa menembakkan satu bola api berkekuatan tinggi yang mampu meledakkan apa saja.

Resiko: Efek “kickback” yang besar, akan melontarkan pengguna ke belakang dengan cukup cepat dan jauh. Pengguna perlu memeriksa bagian belakang mereka sebelum menembak, sehingga tidak mendarat di tempat yang keras.

 

9. Prawn DNA Rifle

hi-tech-laser-rifle-district-9

Film: District 9 (2009)

Pengguna: Wikus van de Merwe (Sharlto Copley)

Kekuatan: Lagi-lagi senjata film sci-fi yang berasal dari teknologi alien. Senapan berlaras panjang ini memiliki amunisi laser dengan daya hancur tinggi. Senjata ini hanya bisa diaktifkan menggunakan DNA alien “Prawn”.

Resiko: Senapan ini tidak bisa dipakai oleh manusia, kecuali kalau mereka bersedia diinijeksi dengan DNA alien, yang akan sedikit demi sedikit merubah penampilan fisik menjadi “Prawn”. Pilih mana, mempertahankan wajah tampan anda, atau menghancurkan musuh dengan senjata canggih?

 

8. Point-of-View Gun

hi-tech-point-of-view-gun-hitchiker-galaxy

Film: The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy (2005)

Pengguna: Marvin the Paranoid Android (Warwick Davis), Tricia McMillan (Zooey Deschanel)

Kekuatan: Ketika digunakan pada target, dia akan bisa melihat persoalan dari sudut pandang (point-of-view) dari si penembak. Terdengar tidak berbahaya? Yah, bayangkan saja kalau si penembak adalah seseorang dengan tingkat depresi tinggi seperti Marvin the Paranoid Android, maka target akan “melihat” bahwa hidupnya sudah tidak ada gunanya lagi.

Resiko: Kalau anda seseorang yang selalu riang-gembira maka senjata ini tidak akan berguna sama sekali. Kecuali kalau anda berniat menyebarkan semangat damai, cinta, dan kasih sayang. Kalau demikian bukan senjata lagi dong namanya?

 

7. Exploding Chewing Gum

hi-tech-chewing-gum-mission-impossible

Film: Mission: Impossible (1996)

Pengguna: Ethan Hunt (Tom Cruise)

Kekuatan: Permen berwarna merah-hijau ini tampak seperti permen karet biasa, tapi ini sebenarnya adalah sebuah peledak kecil yang bisa digunakan untuk merusak kunci, pengalih perhatian, atau bahkan membunuh korban, bila ditempelkan pada tempat yang tepat.

Resiko: Yang jelas sih jangan sampai permen peledak ini ditaruh sembarangan, apalagi sampai dicampur dengan permen-permen karet biasa!

 

6. The Lawgiver

hi-tech-lawgiver-judge-dredd

Film: Judge Dredd (1995)

Pengguna: Judge Dredd (Sylvester Stallone)

Kekuatan: Lawgiver adalah senjata standar para penegak hukum di dunia Judge Dredd. Senjata ini bisa menembakkan enam jenis peluru yang berbeda, dengan kelebihannya masing-masing. Lawgiver menuliskan kode DNA pemakainya pada setiap peluru yang ditembakkan, dan akan meledak bila digunakan oleh orang yang bukan pemiliknya.

Resiko: Jangan coba-coba mencuri Lawgiver, karena senjata ini membaca sidik jari pemiliknya dan akan meledak bila digunakan orang lain. Susahnya lagi, kode DNA yang terdapat pada tiap peluru bisa menyebabkan sang pemilik difitnah sebagai pelaku pembunuhan, seperti yang dialami Judge Dredd di film.

 

5. The Orgazmorator

hi-tech-orgazmorator-orgazmo

Film: Orgazmo (1997)

Pengguna: Joe Young (Terry Parker)

Kekuatan: Mungkin senjata dengan kekuatan paling aneh dalam film. Orgazmorator yang terdapat pada tangan Joe bisa menembakkan sinar laser yang dalam seketika menyebabkan si target mengalami orgasme! Dengan senjata ini, pemiliknya bisa meraih kemenangan tanpa menumpahkan darah sedikit pun.

Resiko: Jangan pernah digunakan untuk menyembuhkan impotensi, karena jika senjata ini digunakan terlalu banyak pada satu orang, bisa menyebabkan “telur” orang itu lepas! Hal ini dialami oleh musuh Joe, seorang sutradara film porno yang juga merupakan musuh bebuyutan Orgazmo, Neutered Man.

 

4. Armored Personnel Unit

hi-tech-mech-matrix

Film: The Matrix Revoultions (2003)

Pengguna: Captain Mifune (Nathaniel Less)

Terdapat juga di film: Aliens (1986), District 9 (2009), Avatar (2009)

Kekuatan: APU, juga bisa disebut sebagai mech atau exosuit, pertama kali muncul dalam film Aliens sebagai robot yang berfungsi untuk mengangkat barang berat. Pengguna bisa masuk ke dalam mech dan sepenuhnya mengontrol gerakan mech menggunakan tangan dan kaki. Di film The Matrix Revolution, APU dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 30 mm sehingga daya hancurnya makin besar.

Resiko: APU ini kelihatannya cukup tangguh, tapi ironisnya justru di bagian kokpit tidak memiliki armor yang memadai, padahal pilot adalah unsur terpenting senjata ini. Selain itu kalau sampai APU ini terguling, mungkin akan susah untuk bangkit.

 

3. Iron Man’s Armor

hi-tech-iron-man-armor

Film: Iron Man (2008), Iron Man 2 (2010)

Pengguna: Tony Stark (Robert Downey, Jr.)

Kekuatan: Armor, kekuatan super, super komputer dalam bentuk kecerdasan buatan/AI, kemampuan terbang, sinar penghancur dari tangan. Fungsi dan cara kerjanya hampir sama dengan mech, tapi didesain sesuai dengan bentuk tubuh pemakai, sehingga jauh lebih lincah, dan mudah digerakkan dengan bebas sesuai keinginan.

Resiko: Sangat bergantung pada kecerdasan buatan, sehingga jika suatu saat AI error atau “memberontak” dan mengambil alih armor ini, maka si pemilik Tony Stark akan tidak berdaya dan terperangkap dalam baju baja ini. Hal ini pernah terjadi di salah satu cerita komiknya.

 

2. Lightsaber

hi-tech-lightsaber-star-wars

Film: Star Wars franchise (1977-2005)

Pengguna: Kaum Jedi dan Sith

Kekuatan: Lightsaber terdiri dari gagang metal yang bisa memancarkan cahaya sepanjang 1,33 m yang berfungsi seperti pedang. Senjata ini adalah senjata khas para Jedi dan musuh bebuyutannya, Sith, dan sama baiknya untuk menyerang atau pun bertahan karena mampu memantulkan tembakan dari pistol laser. Cahaya lightsaber mampu memotong hampir semua material dengan mudah, tanpa perlawanan sedikit pun.

Resiko: Jika pedang membutuhkan momentum sabetan untuk melukai, tidak demikian halnya dengan lightsaber, karena seseorang bisa terluka hanya dengan sentuhan ringan cahayanya. Karena keampuhannya, hanya orang yang memiliki “Force” dan terlatih seni Jedi dan Sith yang bisa memakainya dengan benar.

 

1. Universal Remote Control

hi-tech-remote-control-click

Film: Click (2006)

Pengguna: Michael Newman (Adam Sandler)

Kekuatan: Apa, bukan senjata? Remote control ini bisa menghentikan, menggerak-lambatkan, meng-skip, menghilangkan suara (mute) seperti layaknya remote control biasa. Tetapi yang dikendalikan oleh remote ini bukanlah TV, melainkan manusia dan kehidupan, yang berarti anda bisa melewatkan (skip) suatu kejadian yang tidak anda sukai, atau menghentikan gerakan seseorang hanya dengan meng-klik tombol remote. Senjata apa yang lebih dahsyat dari ini?

Resiko: Terlalu banyak faktor yang tidak bisa diprediksi dari alat ini. Fitur “skip” tidak dilengkapi dengan “back”, sehingga jika anda gunakan, tidak hanya waktu yang terlompati, tapi umur anda juga otomatis bertambah. Selain itu misal anda gunakan “stop” untuk seseorang, lalu remote jatuh dan rusak, apakah orang itu akan selamanya berada pada kondisi diam tak bergerak?

 

Demikianlah daftar senjata film science fiction, yang diambil dari film-film yang beredar dari tahun 70-an hingga 2012. Jangan lupa vote senjata mana yang menurut anda paling keren dan canggih, dan jika ada favorit anda yang terlewatkan dari daftar, silahkan isi kolom komentar di bawah!

 

Senjata Film Sci-Fi Mana yang Menurut Anda Paling Keren?

View Results

Loading ... Loading ...

 

Artikel Menarik Lainnya: