Tips Sehat dalam Memakai Laptop / Notebook





Dengan semakin berkembangnya teknologi, pemakai laptop atau notebook pun semakin bertambah, baik yang digunakan untuk bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang menghabiskan waktu delapan jam sehari di kantor hanya dengan bekerja di depan laptop atau komputer. Ketika sudah di rumah pun mereka masih menghabiskan beberapa jam untuk surfing internet atau pun bermain game. Jika tidak berhati-hati, berkativitas di depan notebook dalam jangka waktu terlalu lama dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan tubuh, baik itu untuk mata, punggung, leher, maupun tangan. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa cara sehat dalam memakai laptop.

 

Beberapa Tips Sehat dalam Memakai Laptop:

  • Pilih Layar Besar
    Semakin lama orang cenderung memilih laptop dengan ukuran yang semakin kecil, karena lebih praktis dan ringan untuk dibawa. Padahal layar kecil kurang baik bagi postur, karena kita harus mengatur agar mata bisa sedekat mungkin dengan layar untuk membaca teks yang kecil.
    Jika anda lebih sering menggunakan laptop di rumah atau di kantor dan tidak terlalu mobile, pilihlah laptop yang ukuran layarnya paling besar. Dengan demikian mata anda dapat lebih rileks dalam membaca tulisan di layar, juga tidak akan terlalu menyulitkan dalam mengatur postur tubuh yang ideal. Selain itu, laptop dengan dimensi besar pasti ukuran keyboardnya juga lebih besar, yang akan lebih nyaman untuk pergelangan tangan. Kalau terpaksa harus menggunakan notebook dengan layar kecil, usahakan rubah ukuran font yang digunakan sehingga nyaman bagi mata.
  • Jaga Postur Tubuh
    Posisikan laptop sehingga ujung paling atasnya sejajar dengan mata, sehingga anda tidak perlu membungkuk ketika melihat layar. Anda bisa menggunakan  laptop stand untuk keperluan ini.
    Jaga postur leher agar lurus dengan punggung. Idealnya jarak layar laptop harus berada di luar jangkauan tangan anda.
    Gunakan kursi yang nyaman dan bisa diatur ketinggiannya. Selain itu pilih kursi yang ada sandaran punggunnya. Duduklah dengan posisi lutut sejajar dengan pinggul dan punggung tegak lurus dengan paha.
    posisi-sehat-dalam-memakai-laptop
  • Gunakan Mouse dan Keyboard external
    Memang sih ini sama sekali tidak keren dan tidak praktis, tapi tindakan ini akan memungkinkan anda mengambil jarak yang lebih jauh dari layar laptop. Mouse yang dipakai di sisi laptop juga akan lebih baik untuk menghindari cedera pergelangan tangan ketimbang memakai touchpad.
    Ketika menggunakan keyboard, pastikan anda tidak menekuk pergelangan tangan, baik itu ke samping maupun ke atas-bawah (lihat gambar di bawah). Posisikan siku anda membentuk sudut 90º dari keyboard.
    sehat-dalam-memakai-laptop
  • Istirahat Sejenak
    Lakukan break sejenak setiap dua jam sekali. Ketika sedang istirahat, lakukan olahraga ringan untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Selain itu istirahatkan juga mata selama 1-2 menit setiap setengah jam sekali. Sering-seringlah berkedip untuk menjaga agar mata tidak kering.
  • Jangan Memangku Laptop
    Berdasarkan namanya, lap (pangku) – top (atas), laptop mungkin memang dimaksudkan untuk dipakai dengan meletakkan di atas pangkuan. Namun jangan terlalu sering bekerja dengan menaruh laptop di pangkuan anda. Posisi ini tidak baik bagi leher yang harus terus-menerus menunduk untuk melihat layar. Selain itu panas yang dihasilkan laptop juga tidak baik bagi kesehatan organ reproduksi, khususnya bagi pria.

Artikel Menarik Lainnya: