Tutorial Membuat Blog WordPress pada HostGator





Belajar blogging memang paling enak jika dilakukan dengan fasilitas domain dan hosting gratisan, seperti menggunakan wordpress.com dan blogspot.com. Namun ketika kita sudah melewati fase belajar, dan ingin mulai menghasilkan uang dari kegiatan blogging, hendaknya kita beralih ke domain .com dengan hosting berbayar, untuk meningkatkan kredibilitas blog kita di mata pengunjung.

Bagi yang sudah pernah belajar platform WordPress, membuat blog .com baru akan relatif lebih mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih nama domain yang akan digunakan, kemudian memilih hosting yang tangguh agar blog bisa diakses dengan cepat dan tidak gampang down.

Salah satu hosting provider terbaik di dunia saat ini adalah HostGator, perusahaan asal Houston yang sudah beroperasi sejak tahun 2002. Memang harga yang ditawarkan HostGator tergolong tidak murah, namun juga sama sekali tidak mahal jika membandingkan dengan kualitas yang ditawarkan. Pada saat artikel ini ditulis, paket termurah yang ditawarkan HostGator adalah $5.56/bulan untuk berlangganan 1 tahun, atau $3.96/bulan jika kita langsung berlangganan 3 tahun.

Pada artikel ini anda akan dapat membaca tutorial tentang membuat blog WordPress pada HostGator.

 

Cara Mendaftar di HostGator:

  1. Masuk ke website HostGator, klik View Web Hosting Plans.
    HostGator-Daftar
  2. Pilih paket yang anda inginkan. Jika cuma butuh hosting untuk satu situs, pilih saja Hatchling Plan, namun bila ada rencana untuk membuat beberapa situs di masa depan, anda bisa memilih Baby Plan. Klik Order Now.
    HostGator-Plan
  3. Langkah berikutnya adalah menentukan nama domain. Anda bisa mendaftarkan nama domain baru dengan cara mengetikkan nama domain yang diinginkan di kolom Register a New Domain. Setelah anda klik Continue, HostGator akan secara otomatis memeriksa apakah domain tersebut sudah ada pemiliknya atau belum, jika belum maka nama domain tersebut bisa anda beli. Jangan lupa bahwa ekstensi domain tidak hanya .com saja, jadi jika domain yang anda incar sudah tidak tersedia dalam .com, anda bisa mencoba .net atau .info.
    HostGator-Domain
  4. Pada halaman berikutnya, anda harus mengkonfirmasi paket yang anda pilih, dan untuk jangka waktu berapa lama. Yang paling ideal adalah mendaftar langsung untuk 3 tahun (36 bulan), karena anda akan mendapat harga yang jauh lebih murah dibanding jika mendaftar hanya untuk 6 atau 12 bulan.
  5. Setelah memilih Username dan PIN, anda harus mengisi Billing Information. Isilah semua data diri dengan informasi yang sebenarnya. HostGator menerima pembayaran lewat kartu kredit dan PayPal.
    HostGator-Billing
  6. Jangan lupa menghapus centang di kotak Hosting Addons yang tidak anda butuhkan, untuk menghindari biaya tambahan yang tidak perlu.
  7. Setelah itu cek sekali lagi biaya yang harus dibayar pada kolom Order Details. Jika sudah benar, centang kotak I have read and agree to the terms and conditions of use dan klik Create Account.
    HostGator-Review
  8. Jika pembayaran anda sudah diterima, maka anda akan menerima email yang berisi URL control panel (cPanel), username, dan password anda. Gunakan informasi yang didapat dari email ini untuk login ke cPanel akun anda.

 

Cara Membuat Blog WordPress melalui cPanel HostGator:

  1. Login dulu ke cPanel HostGator menggunakan URL, username, dan password yang sudah anda terima melalui email.
    cPanel-Login
  2. Lihat menu Software/Service dan klik icon Fantastico De Luxe.
    Catatan: Anda juga bisa menginstall WordPress melalui fitur QuickInstall, yang caranya juga hampir sama dengan Fantastico.
    cPanel-Fantastico
  3. Setelah masuk ke halaman Fantastico, klik tulisan WordPress di sidebar sebelah kiri, dan kemudian klik New Installation di kolom utama.
    cPanel-WP-Install
  4. Anda akan masuk ke halaman installasi WordPress, dan harus mengisi data-data berikut:
    A. Install on domain – kalau anda baru memiliki satu domain, maka hanya nama domain tersebut lah yang akan muncul di sini.
    B. Install in directory – sebaiknya dikosongkan saja, sehingga WP akan diinstal di direktori utama dari domain anda.
    C. Administrator username and password – ini yang nanti akan digunakan untuk login ke WordPress anda. Karena situs berbasis WP termasuk yang sering menjadi sasaran hacker, jangan gunakan “admin” sebagai username dan pilih password yang kuat dengan mengkombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka, dan special character, misal: W()rDpR3$S
    D. Bagian base configuration tidak terlalu penting, karena data-data di sini nantinya masih bisa diganti melalui akun WordPress anda. Kecuali untuk Admin e-mail, jangan sampai salah dalam mengisi, karena data-data installasi WP nantinya akan dikirim ke alamat e-mail tersebut.
    E. Setelah beres semua, klik Install WordPress.
    cPanel-Configuration
  5. Halaman berikutnya adalah halaman konfirmasi, klik Finish Installation. Setelah selesai, anda akan menerima e-mail yang berisi informasi login dan database. Simpan baik-baik email tersebut.
  6. Untuk login ke akun WP anda, gunakan URL: http://domainanda.com/wp-admin, kemudian login menggunakan user dan password yang anda buat pada saat proses install tadi.
    cPanel-WP-Login

Bagaimana, mudah kan proses untuk membuat sebuah blog .com dengan platform WordPress pada HostGator? Jika ada yang belum paham tentang cara mulai bekerja menggunakan WP, akan dibahas pada artikel-artikel berikutnya.

 

Artikel Menarik Lainnya: